Pasca Lebaran 3.000 Pendatang Baru Diprediksi Masuk ke Tangerang Selatan

Pasca Lebaran 3.000 Pendatang Baru Diprediksi Masuk ke Tangerang Selatan

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan. -Tri Budi-

TANGERANGEKSPRES.ID - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel memprediksi ada sekitar 3.000 pendatang baru yang masuk ke Kota Tangsel pasca libur Idul Fitri 2024.

 

Hal tersebut berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan mengatakan, pihaknya tidak bisa melarang orang untuk tidak datang ke wilayahnya, terutama pasca libur lebaran.

 

"Kita tidak bisa melarang orang datang ke Tangsel tapi, hanya mengimbau bagi yang datang ke Tangsel punya keahlian dan punya tujuan jelas. Kita tidak bisa cegah kalau orang mau sekolah atau kerja di Tangsel," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Rabu (17/4/2024).

 

Budiawan menambahkan, untuk mengetahui berapa jumlah pendatang baru yang masuk ke wilayahnya pihaknya memiliki 2 cara. Yakni tamu atau pendatang wajib lapor ke ketua RT/RW

 

"Sepanjang warga pendatang ini nurut, maka kita akan bersurat kepada camat untuk dilakukan pendataan penduduk pendatang atau musiman," tambahnya.

 

Menurutnya, penduduk musiman pasti adalah yang datang ke Kota Tangsel, baik itu ikut keluarganya mudik dan lainnya. "Diperkirakan ada 2 ribu atau 3 ribu pendatang baru masuk Tangsel pasca lebaran ini," jelasnya.

 

Upaya kedua yang dilakukan Disdukcapil adalah pendatang yang masuk ke Kota Tangsel namun, tidak menetap bisa mendaftarkan diri melalui website Sistem pendaftaran penduduk non permanen (SiPermanen).

 

Sumber: