5 Orang Terkonfirmasi Positif Cacar Monyet

5 Orang Terkonfirmasi Positif Cacar Monyet

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar.-Tri Budi-

TANGERANGEKSPRES.ID - Direktur Jenderal WHO telah menetapkan kembali status Mpox sebagai kedaruratan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar mengatakan, pada 20 Agustus 2024 lalu Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan Surat Edaran Menteri Kesehatan tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Mpox di pintu masuk pelabuhan dan bandar udara yang melayani lalu lintas domestik dan di wilayah. 

 

"Penyakit monkeypox merupakan emerging zoonosis yang disebabkan virus monkeypox. Penularan monkeypox dari manusia ke manusia, patut diwaspadai. Penularan ini melalui droplet, kontak langsung dengan lesi dan cairan tubuh termasuk benda terkontaminasi," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Rabu (11/9/2024).

 

Allin menambahkan, gejala penyakit tersebut mirip dengan gejala cacar air, namun lebih ringan. Gejalanya antara lain sakit kepala, demam akut lebih 38,5 derajat celcius, ruam akut, nyeri otot, sakit punggung, kelemahan tubuh serta ditemukan pembengkakan pada kelenjar getah bening. 

 

"Konfirmasi Monkeypox hanya dapat dilakukan melalui pemeriksaan laboratorium, diantaranya menggunakan uji Polymerase Chain Reaction (PCR) dan atau sekuensing," tambahnya.

 

Menurutnya, monkeypox biasanya merupakan penyakit yang sembuh sendiri dengan gejala yang berlangsung dari 2 hingga 4 minggu namun, dapat berkembang menjadi berat hingga kematian. 

 

"Sampai 23 Agustus 2024 lalu di  Tangsel ditemukan 5 kasus dengan gejala seperti monkey pox. Ada 5 orang yang terkonfimrasi positif dan semuanya sudah sembuh," jelasnya.

 

Sumber: