DBMSDA Kabupaten Tangerang Normalisasi Saluran Tangani Banjir dan Kekeringan

DBMSDA Kabupaten Tangerang Normalisasi Saluran Tangani Banjir dan Kekeringan

Excavator dari DBMSDA Kabupaten Tangerang melakukan normalisasi saluran Pembuang Cirarangan, Kecamatan Rajeg. Kegiatan ini untuk penanggulangan banjir dan kekeringan.-DINAS FOR TANGERANG EKSPRES.-

TANGERANGEKSPRES.ID -- Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang lakukan normalisasi saluran. Ada enam titik saluran yang dinormalisasi dalam penanganan banjir dan kekeringan.

Kepala DBMSDA Kabupaten Tangerang Iwan Firmansah mengatakan, penanganan banjir dan kekeringan ada dilakukan secara terintegrasi. Ada yang menjadi kewenangan OPD lain dan ada yang menjadi tugas dari Bina Marga.

"normalisasi kita lakukan di saluran pembuang Cirarangan, Kecamatan Rajeg, lokasinya di Desa Sukamanah dekat dengan permukiman warga dengan panjang 1,1 kilometer yang kita kerjakan," jelasnya kepada Tangerang Ekspres, Jumat (21/6/2024).

Masih di Kecamatan Rajeg, saluran pembuang Cileles juga turut normalisasi. Panjangnya 1,1 kilometer dengan tujuan penanganan banjir dan kekeringan.

Termasuk saluran pembuang Cipasilian yang ikut dinormalisasi pada awal semester satu. Lokasinya di Desa Bakung dengan panjang pengerjaan 1 kilometer pada sisi kiri dan kanan saluran.

"Lalu saluran Cilaku, Kecamatan Cisoka juga kita kerjakan. Saluran pembuang Cipaeh, Gunung Kaler juga dilakukan. Khusus untuk penanggulangan banjir itu ada di Kecamatan Cisoka, Desa Caringin, yakni saluran pembuang Solear dengan panjang 500 meter kanan dan kiri, kita normalisasi," jelasnya.(*)

Sumber: