Pemkot Tangerang Bangun 134 Titik Drainase

 Pemkot Tangerang Bangun 134 Titik Drainase

Guna mengantisipasi dan mengurangi potensi genangan air dan banjir saat musim penghujan. Pemkot Tangerang melakukan pembangunan drainase di 134 titik yang tersebar di 13 kecamatan.-Abdul Aziz/Tangerang Ekspres-

TANGERANGEKSPRES.ID - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang melakukan penataan drainase guna mencegah terjadinya genangan air.

Kepala Bidang Tata Air Dinas PUPR Kota Tangerang, Teja mengatakan, tahun ini pekerjaan infrastruktur tata air fokus mengatasi genangan air. Sebanyak 134 titik yang tersebar di 13 kecamatan dilakukan penanganan melalui pembangunan drainase dan peningkatan dimensi saluran air.

“Kita tahun ini fokus mengatasi genangan di berbagai ruas jalan di Kota Tangerang, termasuk melakukan pembangunan dan peninggian turap untuk memperkuat dinding sungai, penurapan difokuskan di wilayah Kecamatan Periuk,” kata Teja, Rabu (17/7/2024).

Dia menuturkan, pihaknya juga tahun ini kembali melakukan penataan empat embung yaitu Embung Bugel, M. Toha, Duta Bintaro dan Pondok Bahar.

“Kami juga melakukan penataan dengan menambah pompa, membuat pintu air, dilakukan penurapan supaya tidak longsor karena beberapa embung kanan-kirinya permukiman warga,” paparnya.

Menurutnya, penataan embung sangat penting untuk menampung air di saat hujan. “Embung ini untuk parkir air saat volume air melimpah, ketika sudah tidak hujan baru dialirkan,” ujarnya.

Teja menyebut, pembangunan infrastruktur dalam penanganan terjadinya genangan air atau akanbanjir di Kota Tangerang salah satu prioritas yang harus dilaksanakan sesuai dengan sasaran dan kebutuhan masyarakat. Pemkot terus berupaya untuk meningkatkan kualitas infrastruktur di Kota Tangerang agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan mendukung pembangunan daerah.

“Kita juga mengajak masyarakat untuk turut berupaya pencegahan genangan air dengan tidak membuang sampah pada saluran air yang mengakibatkan penyumbatan," pungkasnya.(*)

Sumber: