Libur Lebaran, Stok Darah Berkurang Hingga 50 Persen

Libur Lebaran, Stok Darah Berkurang Hingga 50 Persen

Petugas PMI Kota Tangerang tengah melakukan pengambilan darah dari sukarela yang mendonorkan darahnya di Kantor PMI Kota Tangerang, Selasa (16/4/2024).-Abdul Azis/tangerangekspres.id-

TANGERANGEKSPRES.ID - Stok darah di PMI Kota Tangerang berkurang hingga 50 persen. Hal itu disebabkan lantaran musim mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah. 

 

Kepala Bidang laboratorium PMI Kota Tangerang, Fajar Nugroho mengatakan, sejak musim mudik lebaran, stok darah di PMI Kota Tangerang berkurang lantaran banyaknya petugas PMI Kota Tangerang mudik untuk merayakan lebaran  di kampung halamannya, sementara permintaan pasien yang membutuhkan darah cukup tinggi.

 

"Pada musim mudik kemarin, temen-temen banyak yang pulang kampung, jadi sempat tertunda kegiatan donor darah yang akhirnya mengakibatkan stok darah berkurang sampai 50 persen," kata Fajar saat dihubungi, Selasa (16/4/2024).

 

Meski demikian, pihaknya tetap melayani kebutuhan darah bagi pasien yang membutuhkan. Selain itu, pihaknya juga melayani melayani donor pengganti

 

"Kalau donor pengganti kita tetap melayani, karena ada petugas piket," ujarnya.

 

Pasca liburan lebaran, lanjut Fajar, stok darah mulai mengalami peningkatan, pihaknya terus menggencarkan pelaksanaan kegiatan donor darah baik di Kantor PMI Kota Tangerang maupun road show ke instansi pemerintah maupun ke perusahaan swasta.

 

"Saat ini masih ada ratusan stok darah, bisa untuk 4 sampai 5 hari kedepan untuk pasien yang membutuhkan," ungkap Fajar.

 

Sumber: