Relawan KSR Harus Berperan Aktif Jika Terjadi Bencana

Relawan KSR Harus Berperan Aktif Jika Terjadi Bencana

Ketua PMI Kota Tangerang, Oman Jumansyah melantik pengurus Korps Sukarela (KSR) periode 2024-2026 di Markas PMI Kota Tangerang Jalan Pulau Modernland, Kecamatan Tangerang, Rabu (11/9/2024).-Abdul Aziz-

TANGERANGEKSPRES.ID - PMI Kota Tangerang melantik pengurus Korps Sukarela (KSR) periode 2024-2026. Pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua PMI Kota Tangerang, Oman Jumansyah di Markas PMI Kota Tangerang Jalan Pulau Modernland, Kecamatan Tangerang, Rabu (11/9/2024).

 

Dalam sambutannya, Oman menyampaikan, kegiatan pelantikan ini agar kedepannya para relawan harus terjun melayani masyarakat, baik di bidang pelayanan maupun kebencanaan.

 

"Ini upaya kita mengimplementasikan para generasi muda untuk terus berkembang dan berpartisipasi. Kita mendorong para relawan ini harus berperan aktif jika terjadi bencana seperti kebakaran kecelakaan dan lainnya," kata Oman dalam keterangannya.

 

Dikatakan, relawan PMI juga harus terus berkolaborasi bersama instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial,BPBD dan TNI serta kepolisian.

 

"Sesuai dengan kode etik, kita tekankan jajaran PMI termasuk relawan untuk tetap menjaga netralitas, sesuai dengan gerakan PMI dan Bulan Sabit," ujarnya.

 

Dia menambahkan, para relawan KSR ini sebelumnya telah diberikan pletahan pertolongan pertama selama dua bulan. Para relawan ini jga dituntut memiliki beberapa keahlian di bidangnya. 

 

“Sebelumnya mereka diberikan pelatihan pertolongan pertama selama dua bulan. Kita dorong mereka mempunyai banyak keahlian dalam segala bidang, salah satunya mengorganisir masyarakat ketika menghadapi situasi bencana,” kata Oman..

 

Sumber: