Dinkes Banten Akan Tampung Caleg yang Alami Masalah Kejiwaan

Dinkes Banten Akan Tampung Caleg yang Alami Masalah Kejiwaan

Kepala Dinkes Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti saat diwawancara awak media di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Senin (29/1/2024).-Syirojul Umam-

TANGERANGEKSPRES.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten siap menampung para calon legislatif (Caleg) yang alami masalah kejiwaan usai Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Para Caleg tersebut nantinya akan dirawat di rumah sakit yang telah dikerjasamakan.

 

Kepala Dinkes Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti mengatakan, bahwa pihaknya telah mempersiapkan upaya dalam menangani masalah kesehatan yang biasanya kerap terjadi pada agenda demokrasi lima tahunan ini. Termasuk masalah kejiwaan pada caleg yang gagal pada Pemilu 2024.

 

"Meskipun di Banten ini belum ada Rumah Sakit Jiwa Ketergantungan Obat (RSJKO), tapi kami sudah koordinasikan dengan seluruh rumah sakit, khsusunya rumah sakit umum untuk menampung jika ada para caleg yang mengalami  masalah kejiwaan setelah Pilpres dan Pileg berlangsung," katanya saat ditemui di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Senin (29/1/2024).

 

Ia menjelaskan, terdapat beberapa tahapan masalah kejiwaan, mulai dari masalah kejiwaan baru, gangguan jiwa ringan, sedang hingga berat. Caleg yang mengalami masalah kejiwaan tersebut nantinya akan ditangani rawat jalan, namun bila makin akut maka akan dirujuk ke RSJKO Grogol.

 

"Kita juga bekerjasama dengan RSJKO Grogol jika itu perlu rujukan, atau bila sifatnya akut," ujarnya.

 

Ati mengaku, pada Pemilu 2019 lalu tidak ditemukan adanya caleg yang alami masalah kejiwaan. Penanganan ini penting dilakukan sebagai bentuk antisipasi bila terdapat kejadian hal yang tidak diharapkan.

 

"Tahun kemarin untuk sampai kita rujuk engga ada. Tapi kita tetap meskipun trennya lima tahun lalu tidak ada, tapi tugas kami mengantisipasi," paparnya. (*)

Sumber: