Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah Resmikan TPU Al Wasilah

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah Resmikan TPU Al Wasilah

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menandatangani batu prasasti peresmian TPU Al Wasilah, Kelurahan Poris Plawad Utara, Kecamatan Cipondoh, Rabu, 20 Desember 2023.-Abdul Aziz Muslim-Tangerang Ekspres

TANGERANGEKSPRES - Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah meresmikan Taman Pemakaman Umum (TPU) Al Wasilah yang berlokasi di Kelurahan Poris Plawad Utara, Kecamatan Cipondoh, Rabu, 20 Desember 2023.

TPU dengan luas 4 ribu meter per segi ini merupakan hasil swadaya masyarakat yang dikelola oleh Yayasan Al Wasilah pimpinan KH M Aslie Elhusyairy.

Turut hadir dalam peresmian TPU tersebut Wakil Walikota, Sachrudin, Ketua MUI Kota Tangerang, KH Ahmad Baijuri Khotib, Ketua Badan Wakaf Kota Tangerang, KH Abdullah Thalib, Kepala BPN Kota Tangerang, Muhammad Yusuf, Kepala Kemenag Kota Tangerang, Syamsudin dan Camat Cipondoh Khotibul Imam.

 Arief menyampaikan apresiasi kepada Yayasan Al Wasilah pimpinan KH Aslie Elhusyairy yang juga merupakan Ketua BAZNAS Kota Tangerang yang telah berupaya membangun TPU Al Wasilah yang dinilainya sangat visioner.

“Ini patut kita berikan apresiasi kepada KH Aslie Elhusyairy, selaku guru dan orang tua kita bersama. Selama 15 Tahun saya menjabat, baru satu orang seperti KH Aslie yang saya temukan, punya pandangan dan mimpi yang luar biasa yakni pandangan kedepan akan kematian.” kata Arief dalam sambutannya.

“Karena melihat masa depan tentunya pandangan final kita adalah mempersiapkan bekal untuk menghadapi kematian. Bukan hanya tentang hidup dengan baik, tapi juga mempersiapkan kematian dengan baik.” sambungnya.

Arief menuturkan, penyediaan lahan pemakaman untuk masyarakat merupakan suatu hal yang sangat mulia dan luar biasa, terlebih adanya penyediaan lahan pemakaman untuk kaum Dhuafa.

“Kota Tangerang sudah memiliki tempat pemakaman umum di Selapajang, Kecamatan Neglasari, namun dapat kita lihat bersama bahwa lahan yang ada di sana sudah sangat terbatas, dengan adanya pemakaman Al Wasilah ini menjadi solusi atas terbatasnya lahan pemakaman umum, khususnya di Wilayah Kecamatan Cipondoh” tandasnya.

KH Aslie Elhusyairy menambahkan, Pemakaman Al Wasilah ini adalah salah satu bagian mimpi besar dirinya, karena mengingat yayasan yang bergerak dibidang pendidikan, kesehatan dan kemanusiaan sudah cukup banyak, sehingga ia memimpikan adanya yayasan yang bergerak di bidang layanan pemakaman yang dikelola dengan baik dan profesional.

Sehingga dengan pengelolaan tersebut kesan makam yang sebelumnya dipandang sebagai tempat menyeramkan menjadi tempat yang indah.

"Dengan adanya taman pemakaman Al-Wasilah ini diharapkan dapat menjadikan taman untuk orang yang sudah meninggal kita berikan tempat yang indah. Kesan pada umumnya di masyarakat makam itu tempat yang gelap dan menyeramkan, Insya Allah dengan pengelolaan yang baik, pandangan menyeramkan itu akan hilang, karena kita kelola dan buat makam ini seperti taman" kata KH Aslie.

Dia menyebut,  dalam upaya pembebasan lahan sampai dengan peresmian taman pemakaman ini bukanlah suatu hal yang mudah. Tapi dengan upaya dan semangat gotong royong serta doa dan wakaf yang diberikan oleh masyarakat serta donatur khususnya masyarakat Cipondoh. "Alhamdulillah Taman Pemakaman Al-Wasilah dapat diresmikan," ucapnya.

"Semoga dengan adanya TPU AL Wasilah ini dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar khususnya warga masyarakat sekitar Cipondoh," tutupnya. (*)

Reporter : Abdul Aziz

Sumber: