Gebrag Ngadu Beduk Pandeglang Jadi Agenda Tahunan

Gebrag Ngadu Beduk Pandeglang Jadi Agenda Tahunan

Bupati Irna menabuh bedug pada penutupan event gebrak ngadu Beduk di Alun-alun Pandeglang.-A Fadilah-

"Kedepan setelah hari raya idul fitri kita adakan event gebrag ngadu bedug, tahun ini baru kita anggarkan kurang lebih 222 juta. Bahkan nanti akan kita dorong untuk bisa menjadi agenda event nasional kepada kementerian pariwisata," imbuhnya.

 

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang Rahmat Jultika mengatakan pihaknya akan berupaya dan terus mengawal agar event ini menjadi yang bisa konsisten dilaksanakan setiap tahun.

 

"Disparbud akan terus berupaya mengawal dan mendampingi para asosiasi seniman bedug pandeglang agar harapan ini bisa terwujud," paparnya.

 

Endang Suhendar ketua panitia gebrag ngadu bedug menjelaskan di penyelenggaraan kedua tahun 2024, karena antusias peserta semakin meningkat, maka jumlah kampung yang mengikutinya semakin

bertambah, tercatat pesertanya menjadi 20 kampung.

 

"Yang ikut perlombaan Kampung Jambu, Cilaja, Cikiray Girang, Ciguludug, Sakawarna, Ciledug, Cihaseum, Soreah, Cicadas, Kadu Tunggul, Salabentar, Kadulimus, Juhut, Sukalimas, Kadukupa, Sanim, Parungsentul, Kadugajah, Baru, Cipacung," ujarnya.

 

Menurut Endang, kegiatan yang dilaksanakan oleh Asosiasi Seniman Bedug Pandeglang, di fasilitasi oleh Pemda Pandeglang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pandeglang, mampu menyedot perhatian khalayak ramai.

 

"Pembatasan lebih ke hal teknis penyelenggaraan event, pertama karena terbatasnya anggaran fasilitasi dan juga karena pertimbangan keterbatasan luas area dan event gebrag ngadu bedug tahun ini dilaksanakan selama 3 hari dimulai tanggal 18 sampai dengan tanggal 20 April 2024, bertempat di Alun-alun kota Pandeglang," ucapnya.(*)

Sumber: