Gebrag Ngadu Beduk Pandeglang Jadi Agenda Tahunan

Gebrag Ngadu Beduk Pandeglang Jadi Agenda Tahunan

Bupati Irna menabuh bedug pada penutupan event gebrak ngadu Beduk di Alun-alun Pandeglang.-A Fadilah-

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) setempat menggelar event Gebrag ngadu bedug 2024 di Alun-alun Pandeglang. Acara Gebrak Ngadu Beduk ini merupakan upaya untuk mengangkat kembali atau melestarikan tradisi yang dulu pernah berkembang di masyarakat Pandeglang dan akan menjadi agenda tahunan.

 

"Masyarakat Pandeglang zaman dulu punya tradisi ngadu bedug, tradisi ini konon mulai tumbuh dan berkembang sekitar tahun 1950 sampai dengan tahun 1965. Setelah itu tradisi ngadu bedug eksistensinya turun naik bahkan sempat terhenti sementara karena beberapa faktor," kata Bupati Pandeglang Irna Narulita pada saat penutupan acara di alun-alun pandeglang, Sabtu malam (21/4/2024)

 

Menurutnya, dari tradisi ngadu bedug melahirkan kreasi-kreasi baru, sehingga munculah perubahan bentuk dari tradisi ngadu bedug menjadi kesenian Rampak Bedug.

 

"Kesenian Rampak Bedug mampu menarik minat kalangan anak muda Pandeglang, sehingga munculah event-event festival," ungkapnya.

 

Bupati Irna mengajak kepada masyarakat Pandeglang untuk dapat melestarikan kesenian ini agar tidak tergerus oleh budaya luar atau west ternisasi.

 

"Ngadu bedug ini merupakan budaya dan sebagai jati diri kita, agar tidak hilang kita dukung terus tradisi ini dengan menjadikan event tahunan pasca idul fitri," terangnya.

 

Setelah menjadi event tahunan, Bupati Irna meyakini gebrag ngadu bedug ini jadi wadah bagi para seniman bedug untuk terus berkreasi.

 

Sumber: