Wali Kota Tangsel Resmikan Jurangmangu Tunnel, Integrasikan Fungsi Transportasi Massal dan Ruang Publik

Wali Kota Tangsel Resmikan Jurangmangu Tunnel, Integrasikan Fungsi Transportasi Massal dan Ruang Publik

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie (dua dari kanan) bersama perwakilan BXchange dan PT KAI saat peresmian Jurangmangu Tunnel, Rabu (27/3/2024). Foto: Humas Tangsel For Tangerang Ekspres--

PONDOK AREN - Konsep Transit Oriented Development (TOD) di Kota Tangsel benar-benar terwujud. Yaitu, dengan diresmikannya Jurangmangu Tunnel yang menyambungkan akses stasiun Jurangmangu degan pusat ruang publik, Bintaro Jaya Xchange.

Peresmian Jurangmangu Tunnel dilakukan Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, bersama jajaran PT KAI dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tangsel.

Konsep TOD di kawasan Bintaro Jaya Xchange bertujuan memaksimalkan aktivitas serta meningkatkan produktivitas para penghuninya. Dukungan transportasi umum (2 stasiun kereta di Bintaro, bus TransJakarta yang melewati kawasan Bintaro, serta shuttle bus gratis) adalah bukti konsistensi PT Jaya Real Property, Tbk dalam memberikan hunian yang berkaualitas serta menjadi nilai tambah bagi mereka yang ingin berinvestasi di bidang property.

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengatakan bahwa dengan hadirnya Jurangmangu Tunnel akan menambah kemudahan masyarakat dalam soal aksesibilitas. Serta, menambah fasilitas publik baru yang tentunya menambah daya tarik Tangerang Selatan. 

"Tentu kami sangat bahagia dengan hadirnya Jurangmangu Tunnel ini, akan membantu masyarakat soal kenyamanan aksesibilitas dan pergerakan masyarakat menjadi lebih mudah ditambah fasilitas publik ini sangat bagus sekali dan nyaman bagi masyarakat," ujar Benyamin.

Hal tersebut tentunya bersamaan dengan fasilitas penunjang lainnya yang sudah ada di Tangerang Selatan. Sehingga ia meyakini Tangsel menjadi rujukan dari daerah lain dalam pengembangan suatu kota yang modern dan maju.

"Tangsel ini baru berusia 15 tahun, kemajuan yang ada di kota ini berkat semua pihak. Kami di pemerintah membangun infrastruktur-infrastruktur publik baik kesehatan, pendidikan dan fasilitas publik lainnya, dan kolaborasi bersama pihak lainnya menjadikan Tangsel ini magnet bagi pengembang properti dan investor," ucapnya.

Untuk diketahui, Jurangmangu Tunnel sepanjang 150m ini merupakan tunnel/jembatan penghubung antara stasiun Jurangmangu menuju kawasan Bintaro Jaya Xchange yang menjadi lokasi dari Bintaro Jaya Xchange Mall 2 dan BXSea yang juga diresmikan bersamaan pada hari ini. 

Tunnel ini dilengkapi dengan penerangan yang baik, videotron dan difasilitasi dengan tempat sampah, hydrant, sensor asap, saluran drainase, hingga pengukur suhu ruangan. Selain itu, di sepanjang terowongan juga akan ada booth-booth UMKM yang dapat memanjakan pengunjung saat melewatinya. 

Jarak tempuh untuk menyusuri dari ujung ke ujung hanya dalam waktu 4 menit untuk menghubungkan Stasiun Jurangmangu dan kawasan Bintaro Jaya Xchange. Keluar dari terowongan penghubung, pengunjung disambut oleh Sunken Plaza sebelum dapat mengakses mall ataupun taman BXPark. 

Di Sunken Plaza terdapat juga taman burung mini BXBird. Tunnel penghubung ini bisa digunakan mulai pukul 04.00-00.00 WIB sesuai jam operasional CommuterLine.

Selama bertahun-tahun, PT Jaya Real Property, Tbk terus menyediakan berbagai fasilitas, seperti: sekolah, Rumah Sakit, pasar modern & pasar segar, beraneka restoran & toko, bank, rumah ibadah (fasos fasum), dll di kawasannya. Peresmian Bintaro Xchange Mall 2, BXsea dan Jurangmangu Tunnel merupakan wujud komitmen PT Jaya Real Property, Tbk sebagai developer yang membangun kota yang memaksimalkan penggunaan lahan dan berintegrasi dengan sistem transportasi umum.

Selain peresmian Jurangmangu Tunnel, kemarin juga BXSea resmi melakukan Grand Opening. Pada Grand Opening ini BXSea akan perdana menampilkan Underwater Dance dan Mermaid Meet&Greet di kedua aquarium terbesar di BXSea (Sea Theatre dan Raja Ampat). Selama masa Soft Opening, BXSea terus melakukan proses memasukkan ikan sembari memonitor maturisasi air. 

Penambahan ikan-ikan ini dilakukan terus menerus secara bertahap. Adapun penambahan biota di BXSea adalah jenis biota Air Tawar dan Air Laut, seperti Arapaima, Black Diamond Stingray, Motoro Stingray, Pineconefish dari Jepang, Leopard Shark, dan Buaya Sinyulong. Sebelum Grand Opening, BXSea sudah resmi dapat melakukan adds on atau upgrade tiket kepada staff yang bertugas di area KIOSK Rainforest (area dalam BXSea).

Sumber: