Pemkot Tangsel Gaungkan Program JAGA SALIRA ke Sekolah

Pemkot Tangsel Gaungkan Program JAGA SALIRA ke Sekolah

Kepala Sekolah SD dan SMP mengikuti sosialisasi terkait program Jaminan Ketenagakerjaan Pekerja Sekitar dan Keluarga. Tri Budi/Tangerang Ekspres--

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemkot Tangsel terus menggaungkan program Jaminan Ketenagakerjaan Pekerja Sekitar dan Keluarga (JAGA SALIRA). Kali ini, yang menjadi sasaran sosialisasi program tersebut adalah kepala sekolah SD dan SMP negeri se-Kota Tangsel.

 

Sosialisasi dilakukan langsung oleh Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan di Aula Lengkong, Balai Kota, Kamis (19/9/2024) bersama Dinas Pendidikan dan BPJS Ketenagakerajaan Kota Tangsel.

 

Dalam arahannya Pilar mengatakan, pihaknya sengaja menggaungkan program Jaga Salira ke sekolah dengan kerjasama dengan berkoordinasi langsung Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan.

 

"Program ini penting dan ini program pemerintah pusat dimana semua ASN diharapkan memiliki kepedulian terhadap lingkungannya, baik di rumah dan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya, Kamis (18/9/2024)

 

Pilar menambahkan, dengan adanya Jaga Salira pihaknya mengajak guru dan kepala sekolah supaya pekerja dibawahnya seperti asisten rumah tangga (ART), tukang kebun, pengemudi agar mereka dilindungi ketenagakerjaan lantaran mereka adalah pekerja rentan.

 

"Kalau kita andalkan APBD tidak mungkin, makanya butuh dukungan masyarakat. Tiap bulan iuran Rp 16.800 dan saya rasa itu tidak mahal. Masak sih tidak mau bayarin Rp16.800 ribu perbulan dan tidak bisa? beli rokok yang harganya Rp30 ribu sampai Rp40 ribu per bungkus perhari saja bisa," jelasnya.

 

Pilar berharap, ASN di sekolah bisa memasukan pegawainya atau pekerja rentan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. "Pekerja rentan diharap dikasih perlindungan dan tidak merepotkan kita sebagai atasannya karena sudah tercover BPJS Ketenagakerjaan kalau terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," tuturnya.

 

Sumber: