Kebakaran Gudang di Kavling DPR Kota Tangerang, Masyarakat: Pemerintah Tutup Mata soal Izin

Kebakaran Gudang di Kavling DPR Kota Tangerang, Masyarakat: Pemerintah Tutup Mata soal Izin

Petugas Damkar Kota Tangerang masih melakukan pendinginan hingga pukul 13.30 WIB di lokasi kebakaran PT. Sumber Troli di Kavling DPR Blok A Kenanga, Cipondoh, Kota Tangerang, Senin (4/3/2024). -Ahmad Syihabudin-

TANGERANGEKSPES.ID - PT. Sumber Troli berlokasi di kawasan Kavling DPR Blok A, Kelurahan Kenanga, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang kebakaran pada Senin (4/3/2024) sekira pukul 09.30 WIB.

 

Dari informasi dihimpun TangerangEkspres.id, peristiwa kebakaran di gudang yang dijadikan tempat produksi itu sudah terjadi dua kali.

 

Ghufron Felfeli, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangerang mengatakan pihaknya menerima laporan kebakaran tersebut satu jam setelah kejadian.

 

"Kita baru satu jam yang lalu menerima laporan, kebakaran yang terjadi di kavling DPR Blok A, Kelurahan Kenanga, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang," katanya kepada Tangerangekspres.id di lokasi.

 

Diketahui terdapat informasi bahwa PT. Sumber Troli tersebut telah kali kedua terjadi kebakaran. Namun, Gufron menyampaikan masih akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

"Informasinya, nanti kita akan lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Tidak ada korban jiwa dan luka, baik itu karyawan maupun petugas damkar. Tapi nanti kita cek ulang karena pegawai tidak berada di lantai 4," ujarnya.

 

Hingga saat ini, kata Gufron, pihaknya masih melakukan pendinginan area di lokasi kebakaran lantai 4 (empat) PT Sumber Troli. Kendala yang dihadapi petugas adalah ketinggian gudang, lalu atap lantai atas juga roboh. Titik api jauh dari pintu masuk lantai 4 itu.

 

"Perusahaan ini, menurut informasi dari owner, bergerak di bidang pembuatan tas koper berbahan baku plastik, gudang ini untuk produksi," katanya.

 

Untuk memadamkan api, kata Gufron, BPBD Kota Tangerang menerjunkan sebanyak 58 personel dengan 9 mobil pemadam kebakaran. Terdapat bantuan personel PMI Kota Tangerang dan personil TNI-Polri.

 

Sementara, Yen Lie, Owner PT  Sumber Troli mengatakan perusahaannya tersebut telah beroperasi lebih dari 10 tahun di Kawasan Kavling DPR Blok A, Kelurahan Kenanga, Kecamatan Cipondoh.

 

"Kita bergerak di bidang bahan baku tas koper, ada 15 sampai 20 karyawan, kadang ada penambahan sesuai kebutuhan produksi," ujarnya kepada Tangerangekspres.id.

 

Tokoh pemuda dan juga pegiat sosial Kelurahan Kenanga, Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang, Pahrul Roji, meminta Pemkot Tangerang melalui dinas terkait untuk mengkaji ulang termasuk memeriksa izin yang digunakan oleh para pemilik gudang di kawasan Kavling DPR tersebut.

 

"Ini menjadi kejadian yang menakutkan, kebakaran yang terjadi, sudah dua kali, jangan sampai masyarakat menjadi korban karena penyalahgunaan izin. Belum lagi banjir yang diakibatkan buruknya penegakan analisis dampak lingkungan atau Analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal)," ungkapnya.

 

Menurutnya, harus ada tindakan nyata bahwa pemerintah hadir dalam melindungi masyarakat dari musibah maupun bencana. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap keberadaan gudang-gudang yang ada di Kavling DPR Kota Tangerang.

 

"Dimana pemerintah kita tanyakan itu, jangan tutup mata, seperti pembiaran terhadap dampak lingkungan," ujarnya. (*)

Sumber: