Pemkot Serang Gelontorkan Rp722 Juta untuk Kendaraan Dinas Pejabat

Pemkot Serang Gelontorkan Rp722 Juta untuk Kendaraan Dinas Pejabat

Pejabat Pemkot Serang saat sedang apel pagi di lapangan Puspemkot Serang.-Dani Mukarom-

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menggelontorkan anggaran sebesar  Rp722.410.200 untuk pengadaan kendaraan dinas pejabat di 2024.

 

Anggaran tersebut akan digunakan untuk membeli tiga unit kendaraan, dengan rincian dua unit mobil dan satu unit sepeda motor.

 

Kepala Bagian (Kabag) Umum pada Setda Kota Serang, Iman Setiawan mengatakan, penganggaran tersebut digunakan untuk pembelian kendaraan dinas pada beberapa bidang dan pejabat eselon III.

 

"Tahun ini Setda menganggarkan kendaraan operasional jabatan, karena masih kekurangan. Rencananya mobil dua unit, dan satu sepeda motor dengan anggaran Rp722 juta," kata Iman kepada Tangerang Ekspres, Selasa (23/1/2024).

 

Pembelian kendaraan tersebut, kata Iman, disesuaikan dengan harga pasaran yang berlaku saat ini. Dengan anggaran Rp722 juta tersebut pihaknya mencari kendaraan dengan harga yang sama.

 

Sebab dalam aturan, pemerintah bisa membeli kendaraan dinas sebagai operasional jabatan berdasarkan golongan dengan cubicle centimeter atau CC kendaraan tersebut.

 

"Jadi, nilai Rp722 juta itu hanya sebagai hitungan saja, baru estimasi. Jadi, bisa saja kurang dari Rp722 juta. Pembelian juga melalui e-catalog dan biasanya memang ada sisa lebih anggaran. Apalagi kan sekarang ini kami sedang efisiensi," ucapnya.

 

Dari hasil pengkajian, dari total sembilan jabatan kepala bidang pada Setda Kota Serang, seharunya memiliki kendaraan dinas untuk operasional dengan kondisi yang layak.

 

Kebanyakan, lanjut Iman, kendaraan yang dimiliki Pemkot Serang merupakan tahun lama, di bawah tahun 2010.

 

"Artinya, bisa untuk mobile ke mana-mana. Kalau sekarang ini yang kami miliki rata-rata kendaraan tahun 2010 ke bawah. Kemudian, jika dibandingkan dengan biaya pemeliharaan, tentu akan lebih mahal, dan kami hanya menganggarkan untuk servis ringan," ujarnya. (*)

Sumber: