Pemkot Serang Siapkan Anggaran Rp25,6 Miliar untuk Pengendalian Inflasi

Pemkot Serang Siapkan Anggaran Rp25,6 Miliar untuk Pengendalian Inflasi

Sekretaris Daerah Kota Serang Nanang Saefudin-Dani Mukarom/tangerangekspres.ID-

TANGERANGEKSPRES.ID - Sekretaris Daerah Kota Serang Nanang Saefudin mengungkapkan tahun ini Pemkot Serang menyiapkan anggaran sebesar Rp25,6 miliar untuk pengendalian infalsi di Kota Serang.

"Secara keseluruhan untuk intervensi (Inflasi) anggaran di APBD Kota Serang itu sebesar Rp25,6 miliar," katanya, Minggu (14/1/2024).

Pemkot Serang, kata Nanang, akan lebih hati-hati dan selektif dalam penggunaan anggaran tersebut, sehingga seluruh program terfokus pada penanganan inflasi. Jangan sampai lebih banyak surat perintah perjalanan dinas (SPPD) dibandingkan dengan kebermanfaatan di masyarakat.

 

"Dari anggaran itu, saya akan lihat program dan kegiatannya apa saja. Jangan-jangan nanti yang banyak malah SPPD. Jadi, harus outcome oriented. Artinya, betul-betul anggaran sebesar Rp25,6 miliar itu dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ujarnya.

 

Pemerintah Kota Serang, kata Nanang, akan fokus terhadap stabilitasi harga kebutuhan pokok dan pemantauan harga di sejumlah pasar tradisional, khususnya Pasar Induk Rau. 

 

"Hal itu berkenaan dengan instruksi Pemerintah Pusat dalam pengendalian angka inflasi di daerah, termasuk Kota Serang yang kini berada di 2,11 persen," ucapnya.

 

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Serang Ina Linawati mengatakan, Pemkot Serang telah melakukan pemetaan dan pengalokasian anggaran untuk pengendalian inflasi tahun 2024. Termasuk dengan sejumlah program serta kegiatan, hingga kebijakan yang mengarah ke dalam kestabilan harga kebutuhan bahan pokok.

 

"Untuk pemetaannya sendiri, kami punya empat strategi, enam kebijakan, dan sebelas fokus pembangunan. Terutama pengendalian inflasi di daerah yang menjadi fokus kami," katanya.

 

Sumber: