Proses Coklit Selesai, KPU Perkirakan Ada Penambahan Pemilih

Proses Coklit Selesai, KPU Perkirakan Ada Penambahan Pemilih

Divisi Perencanaan Data dan Informasi (Rendatin) KPU Kota Tangsel Widya Victoria.-Tri Budi-

TANGERANGEKSPRES.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel telah menyelesaikan proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada 2024 mendatang.

 

Proses coklit dilaksanakan selama satu bulan dan telah berakhir pada 24 Juli lalu. Target coklit adalag 1.052.963 (data pemilih yang diperoleh dari Kemendagri dan disingkronisasi).

 

Jumlah tersebut naik 30.726 dibanding daftar pemilih tetap (DPP) pada Pemilu lalu. Divisi Perencanaan Data dan Informasi (Rendatin) KPU Kota Tangsel Widya Victoria mengatakan, setelah melakukan proses coklit pihaknya saat ini sedang melaksanakan pencermatan.

 

"Coklit sudah selesai 100 persen dan  kemungkinan terjadi penambahan jika dilihat data rekap pemilih baru," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Senin (29/7/2024).

 

Widya menambahkan, pihaknya telah melaksanakan coklit di 7 kecamatan dan 54 kelurahan se-Kota Tangsel. Selanjutnya, hasil coklit tersebut akan dicermati dan direkap sebelum pada saatnya diumumkan kepada publik.

 

"Hasil coklit ini akan kita cek ulang untuk antisipasi bila ada warga yang terlewat belum dilakukan pencocokan dan penelitian," jelasnya.

 

Wanita berkerudung ini mengaku, selanjutnya pihaknya akan melakukan rekapitulasi untuk nantinya menjadi daftar pemilih sementara (DPS). Sesuai jadwal rekap tingkat PPS akan dilaksanakan pada 1-3 Agustus, ditingkat pada 5-7 Agustus dan tingkat kota pada 9-11 Agustus. 

 

Sumber: