Tingkatkan Budaya Baca, Taman Bacaan Masyarakat Terus Ditambah

Tingkatkan Budaya Baca, Taman Bacaan Masyarakat Terus Ditambah

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie (tengah) didampingi Ketua Umum Komunitas TBM Magma Herlina Mustikasari foto bersama seusai peresmian TBM Althia Pintar di Parigi Baru, Pondok Aren.-Tri Budi/TangerangEkspres.id-

TANGERANGEKSPRES.ID - Taman bacaan masyarakat (TBM) memiliki peran penting dalam meningkatkan minat baca ditengah masyarakat. Salah satu tujuan adanya TBM adalah untuk meningkatkan budaya literasi di tengah gempuran sosial media dan gadget.

 

Di Kota Tangsel sendiri terdapat salah satu TBM yang memiliki anggota TBM ratusan, yakni Masyarakat Gemar Membaca (Magma). Pendiri sekaligus Ketua Umum Komunitas TBM Magma Herlina Mustikasari mengatakan, saat ini ada ratusan TBM yang tersebar di 54 kelurahan se-Kota Tangsel.

 

"Ada 132 TBM yang ada di Tangsel. Ini sebagai upaya kita untuk menguatkan literasi anak-anak untuk membaca," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Senin (6/5/2024).

 

Herlina menambahkan, keberadaan TBM juga diharapkan untuk mencegah ketergantungan atau kecanduan gawai yang saat ini mengempur anak-anak. Tak jarang, banyak orangtua yang memilik memberikan gawai kepada anaknya dari pada buku-buku saat anak menangis.

 

Menurutnya, TBM hadir dari sebuah kebutuhan akan rekreasi berliterasi. Keberadaan TBM yang berada di tengah masyarakat bisa menjadi wadah yang positif bagi masyarakat agar mau memberikan sumbangsih mewujudkan generasi yang lebih baik.

 

"TBM dibuat sedekat mungkin dengan masyarakat, jadi lebih fleksibel dan bersahabat untuk masyarakat. TBM lebih dekat dengan masyarakat lantaran tidak banyak aturan seperti perpustakaan umum, sehingga lebih menarik masyarakat untuk mengunjunginganya," tambahnya.

 

Wanita berkerudung ini mengaku, tahun ini pihaknya menargetkan ada 6 TBM yang akan diresmikan. Tahun ini sudah ada 1 TBM yang telah diresmikan, yakni TBM Althia Pintar di Kompleks Althia Park, Bintaro Jaya, Parigi Baru, Pondok Aren.

 

Sumber: