Silat Jadi Muatan Lokal Wajib Tingkat Sekolah Dasar di Tangerang Selatan

Silat Jadi Muatan Lokal Wajib Tingkat Sekolah Dasar di Tangerang Selatan

Sekda Kota Tangsel Bambang Noertjahjo (empat kanan) menerima buku mulok silat dari perwakilan penerbit (empat kiri) saat launching silat jadi mulok. -Tri Budi-

TANGERANGEKSPRES.ID - Dalam Rangka hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2024, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel menyelenggarakan seminar pendidikan dengan tema "Bergerak bersama, lanjutkan merdeka belajar".

 

Seminar tersebut diadakan di Sekolah Saint John BSD, Serpong, Kamis (2/5/2024). Dalam acara tersebut juga dilakukan peluncuran muatan lokal (mulok) pencak silat untuk sekolah dasar (SD).

 

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan (PTK) pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel Rudi Darmawan mengatakan, rangkaian kegiatan Hardiknas diwilayahnya dimulai sejak pagi, mulai upacara, gebyar pameran dan seminar pendidikan dan sekaligus launching mulok pencak silat.

 

"Launching mulok ini telah ditetapkan melalui Perwal Nomor 59 Tahun 2022. Launching ini kita kerjasama dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Tangsel," ujarnya, Kamis (2/5/2024).

 

Rudi menambahkan, peringatan Hardiknas berdasarkan edaran Kemendikbud kita mengimbau di bulan Mei agar dilakukan aktifitas di masing-masing sekolah agar lebih marak dan siswa diajak terlibat.

 

"Capaian pembangunan dan khusunya indikator makro di Tangsel sampai 2023 terkait IPM sudah diatas rata-rata nasional, dan khusus di Banten Kota Tangsel IPM tertinggi yakni 82,28 persen," tambahnya.

 

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangsel Bambang Noertjahjo mengatakan, bertepatan dengan Hardiknas pihaknya melaunching mulok silat dan mudah-mudahan dapat digaungkan dengan masif.

 

Sumber: