Tekan Angka Stunting, Balita Diberikan Makanan Tambahan

Tekan Angka Stunting, Balita Diberikan Makanan Tambahan

Penjabat (Pj) TP PKK Kota Tangerang, Zuraidiati Nurdin didampingi Camat Karang Tengah, Hendriyanto monitoring kegiatan bantuan pemberian makanan tambahan (PMT) dan progres pemulihan anak di Posyandu Kecubung, di lingkungan RW 07 Kelurahan Karang Tengah, -Abdul Aziz/tangerangekspres.id-

TANGERANGEKSPRES.ID - Penjabat (Pj) TP PKK Kota Tangerang, Zuraidiati Nurdin didampingi Camat Karang Tengah, Hendriyanto bersama para lurah melakukan monitoring kegiatan bantuan pemberian makanan tambahan (PMT) dan progres pemulihan anak di Posyandu Kecubung, di lingkungan RW 07 Kelurahan Karang Tengah, Kamis (18/1/2024).

Zuraidiati Nurdin mengatakan, program PMT merupakan tindak lanjut dari PMT lokal yang diberikan Pemkot Tqngerang, beberapa waktu lalu. Menurutnya, pemberian makanan tambahan bagi balita sebagai upaya pencegahan dan menekan angka stunting di Kota Tangerang.

Dikatakan, program PMT tersebut telah berjalan sejak akhir Oktober  2023. Dalam pelaksanaannya melibatkan para kader di lingkungan RW masing-masing baik dalam pembuatan menu PMT hingga proses pendistribusiannya. 

"Para kader juga turut memberikan edukasi kepada orang tua tentang pencegahan stunting pada. Baik itu kandungan gizi pada makanan yang diberikan, cara memasak hingga imbauan untuk memberikan menu dengan kandungan gizi tinggi kepada balita," kata Zuraidiati, Kamis (18/1).

Dia mendorong para orang tua balita, khususnya orang tua balita stunting untuk saling menjaga dan merawat anak. Para orang tua harus memberikan kepedulian terhadap anak dari orang tua lainnya.

 Ia berharap, program PMT ini terus dapat menekan angka stunting di Kota Tangerang. Dengan program PMT ini generasi Indonesia Emas 2045 siap bersaing di tingkat global.

"Diharapkan bisa menekan angka stunting pada balita dan tentunya orang tua balita untuk telaten dalam memberikan makanan dengan kandungan gizi tinggi kepada balitanya," imbuhnya.

“Kita ingin anak-anak kita berguna bagi bangsa, negara dan agama. Semoga mereka bisa bersaing dalam dunia kerja, sudah harus pada level top management,” sambungnya 

Camat Karang Tengah, Hendriyanto menambahkan, kegiatan bulan posyandu ini sekaligus pemberian makanan tambahan bagi balita. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di setiap Posyandu khususnya di wilayah Kecamatan Karang Tengah.

Tujuan monitoring posyandu ini, lanjut Hendriyanto, untuk memberikan motivasi kepada para petugas dan juga masyarakat. Selain itu untuk memastikan pelaksanaan program PMT di wilayahnya berjalan dengan baik.

"Kita mendorong para kader juga memberikan edukasi kepada para orang tua pemberian asupan gizi untuk balita agar bayinya tetap tumbuh berkembang dengan sehat," ujarnya 

 Dia berharap, pada pelaksanaan kegiatan posyandu ini seluruh sasaran balita datang semua dan mendapatkan pelayanan agar tumbuh kembang balita dapat terpantau dan terhindar dari stunting.

“Dengan pelaksanaan kegiatan posyandu ini diharapkan seluruh sasaran balita datang semua, dan mendapatkan pelayanan. Seperti penimbangan, pemeriksaan, dan pemberian vitamin, serta Pemberian Makanan Tambahan (PMT) agar tumbuh kembang balita dapat terpantau dan terhindar dari stunting”, tutupnya.(*)

 

Sumber: