TPS Tema Seni Budaya Masuk Nominasi Pemenang

TPS Tema Seni Budaya Masuk Nominasi Pemenang

TPS 06 di Kelurahan Pabuaran mengusung toleransi dan keanekaragaman budaya pondasi demokrasi Indonesia.-Abdul Aziz-

KARAWACI - Kecamatan Karawaci akan mengumumkan pemenang TPS paling kreatif pada puncak acara gelaran Karnaval Eksis yang akan dilaksanakan pada 25 Februari 2024.

 

Camat Karawaci, Mahdiar mengatakan, pada momentum pesta demokrasi sekaligus HUT ke-31 Kota Tangerang, pihaknya menggelar lomba desain TPS kreatif dan unik. Hal ini sebagai upaya menjadi data tarik masyarakat untuk berpartisipasi menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 lalu.

 

Menurutnya, dari 78 TPS dengan desain yang cukup kreatif, tim panitia kemudian melakukan verifikasi yang akhirnya mengerucut ke 10 TPS nominasi. "Sebenarnya yang masuk daftar ratusan TPS, cuma kami menutup waktu pendaftaran pada pukul 11.00 WIB. yang masuk 78 TPS, yang itu yang kita verifikasi," ungkap Mahdiar saat ditemui Tangerang Ekspres, Senin (19/2/2024.

 

Dikatakan, perlombaan TPS Kreatif ini mengangkat tema Seni budaya yang ada di Indonesia, oleh karenanya pihaknya melakukan penilaian TPS Kreatif dengan desain yang mengusung seni budaya yang ada di Indonesia, diantaranya desain TPS dengan budaya Cina Benteng, adat Jawa dan suku Baduy dengan seragam busana masing-masing budaya tersebut.

 

"Ada juga yang mendesain TPS ala hari valentine, semuanya serba warna pink. Mungkin karena hari pemungutan suara tanggal 14 Februari yang bertepatan hari valentine," ujarnya 

 

Dia menjelaskan, tim panitia HUT ke-31 Kota Tangerang di Kecamatan Karawaci melakukan penilaian yang mengacu sesuai tema yaitu seni budaya di Indonesia dengan indikator keunikan dan kreatifitas petugas KPPS mendekorasi TPS, menerapkan budaya dalam dekorasi desain TPS. Kemudian kekompakan menggunakan seragam sesuai tema desain TPS tema budaya dan kerapihan dan kebersihan.

 

Dari 10 TPS yang masuk nominasi, lanjut Mahdiar, pihaknya akan mengumumkan 3 pemenang TPS paling kreatif yang mengandung unsur seni  budaya yang ada di Indonesia pada gelaran Karnaval Eksis yang merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-31 Kota Tangerang yang akan dilaksanakan di pelataran Kantor Kecamatan Karawaci pada Minggu, 25 Februari 2024.

 

Sumber: