Pedagang Siap Pindah Jika Pasar Mambo dan Pasar Selatan Sudah Ditata Ulang

Minggu 28-01-2024,20:02 WIB
Reporter : Abdul Aziz
Editor : Andi Suhandi

 

Dia menjelaskan, para pedagang saat ini masih tetap berjualan di kios-kios bangunan Pasar Anyar. Setelah penataan tempat relokasi selesai dan surat perjanjian sudah ditandatangi oleh kedua belah pihak yaitu, pengurus paguyuban pedagang Pasar Anyar, Pemkot Tangerang dan Perumda Pasar Kota Tangerang, para pedagang akan mengisi tempat relokasi tersebut.

 

"Diminta secepatnya pun kita siap. Tapi pemerintah bilangnya Februari. Sambil menunggu kita tetap berjualan di kios dalam pasar anyar ini," tandasnya.

 

Sejak awal sosialisasi, kata Zainudin, para pedagang telah meminta kejelasan dalam bentuk surat perjanjian bahwa mereka jika direlokasi ke Mal Metropolis tidak dipungut uang sewa hingga revitalisasi Pasar Anyar selesai dan mereka kembali pindah ke Pasar Anyar. Namun, lagi-lagi pihak Perumda Pasar Kota Tangerang enggan membuat surat perjanjian tersebut.

 

"Kita tidak bisa kalau hanya dijanjikan melalui lisan, kita minta harus ada surat perjanjian tersebut supaya semuanya jelas dan kami pun punya pegangan sewaktu-waktu Perumda tidak memenuhi permintaan kita, kita punya dasar kuat. Makanya harus ada surat perjanjian yang jelas," tukasnya.

 

 Kami yang punya sertipikat hak guna pakai atau sewa juga kan mengkhawatirkan ketika Pasar Anyar selesai dibangun ulang, nantinya malah kita tidak dapat kios kembali karena gak ada perjanjian. Termasuk sisa sewa juga harus tetap gratis, karena masih ada hak kita di masa sisa sewa itu," bebernya 

 

"Pada prinsipnya kita juga membantu bagaimana program pembangunan pasar ini agar segera dilaksanakan. Tapi kan PD Pasar sepertinya arogan. Bu Titin tetap bersikeras kita harus pindah ke Metos sama Plasa Shinta," ucapnya.

 

Sebelumnya, Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin menyatakan, pihaknya mengakomodir solusi yang diminta para pedagang, bahwa mereka meminta di Pasar Mambo dan Pasar Selatan tersebut.

 

Dia menuturkan, persoalan satu titik sesuai dengan kondisi di Pasar Mambo tersebut. Para pedagang sudah bersepakat. Namun,  apabila kondisi di lapangan tidak memungkinan, pihaknya pun memberikan dua opsi yaitu apabila sebagian pedagang tidak dapat tertampung di Pasar Mambo, mereka dapat pindah ke tempat relokasi yang telah ditentukan yaitu, Metropolis untuk pedagang kering dan Plasa Shinta untuk pedagang basah. Opsi yang kedua, apabila mereka tetap menginginkan di satu titik itu, pihaknya tetap mengikuti para pedagang.

Kategori :