DiskopUKMPerindag Kota Serang Sebut Harga Cabai Turun Karena Daya Beli Rendah

DiskopUKMPerindag Kota Serang Sebut Harga Cabai Turun Karena Daya Beli Rendah

Warga yang sedang membeli cabai di Pasar Induk Rau, Kota Serang.-Endang Sahroni/tangerangekspres.id-

TANGERANGEKSPRES.ID - Harga bahan pokok di Kota Serang sudah sepekan ini mengalami penurunan, salah satu komoditas yang mengalami penurunan harga adalah cabai. Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil, Perindustrian Perdagangan (DiskopUKMPerindag) Kota Serang, menyebutkan alasan dari turunnya harga cabai dan beberapa bahan pokok lainnya, dikarenakan daya jual beli di Kota Serang yang rendah.

 

Berdasarkan data di lapangan, cabai merah besar dan cabai merah keriting mengalami penururan hingga Rp20 ribu. Yang semula harga per satu kilogram-nya Rp45 ribu, sekarang per satu kilogram hanya dijual Rp25 ribu.

 

Selain itu cabai hijau besar dan cabai hijau rawit juga mengalami penurunan harga jual sebesar Rp5 ribu hingga Rp10 ribu. Dengan harga jual semula per satu kilogram Rp35 ribu hingga Rp45 ribu, sedangkan sekarang per satu kilogram dijual dengan harga Rp30 ribu. Lalu untuk cabai rawit merah mengalami penurunan harga sebesar Rp30 ribu, yang semula di jual dengan harga per satu kilogram Rp75 ribu, sekarang hanya Rp45 ribu perkilonya.

 

Tidak hanya dari komoditas cabai, bawang merah dan tomat juga mengalami penurunan harga jual. Sebelumnya, harga bawang merah di pasaran per satu kilogram-nya Rp45 ribu, sedangkan sekarang hanya Rp35 ribu. Adapun tomat, harga sebelumnya Rp18 ribu per satu kilogram, sekarang hanya Rp10 ribu.

 

Kepala DiskopUKMPerindag Kota Serang Wahyu Nurjamil membenarkan adanya penurunan harga yang terjadi di beberapa komoditas bahan pokok di Kota Serang.

 

"Bahwa bahan pokok seperti cabai, bawang merah, itu mengalami penurunan," kata Wahyu Nurjamil, Selasa (10/9/2024).

 

Wahyu menjelaskan, penurunan harga yang saat ini terjadi di karenakan daya beli masyarakat Kota Serang yang juga mengalami penurunan. Sehingga, berdampak pada harga penjualan bahan pokok.

 

Sumber: