Lomba 13 Kecamatan, 500 Emak-Emak Hadiri Lomba Nasi Tumpeng di Kota Tangerang

Lomba 13 Kecamatan, 500 Emak-Emak Hadiri Lomba Nasi Tumpeng di Kota Tangerang

Jadi Juri, Sachrudin Penuhi Undangan Emak-emak Lomba Tumpeng 13 Kecamatan-Ahmad Syihabudin/Tangerang Ekspres-

TANGERANGEKSPRES.ID --  Emak-emak Kota Tangerang menggelar "Lomba Nasi Tumpeng HUT Kemerdekaan RI ke-79" di Bantaran Setu Gede, Kawasan Modernland Kota Tangerang, Sabtu (24/8/2024) petang.

Menyemangati Emak-emak berlomba Sachrudin, Calon Wali kota di Pilkada Kota Tangerang 2024 mendatangi satu-satu kelompok perempuan ibu rumah tangga yang tengah sibuk menghias nasi tumpeng di arena perlombaan.

Sedikitnya ada 500 Emak-emak yang hadir dalam kegiatan tersebut merupakan pelaku UMKM yang tersebar di 13 Kecamatan di Kota Tangerang.

Menurut Ketua Panitia Lomba, Septra Risda Arking, kegiatan itu berlangsung selain untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 79 tahun 2024, Namun juga untuk mempromosikan budaya lokasi Indonesia, khususnya budaya kota Tangerang soal pembuatan nasi tumpeng dengan berbagai variasi dan kreasinya.

Kata dia, tradisi masyarakat kota Tangerang dengan segala kegiatan atau selamatan yang digelar oleh masyarakat sejak tempo dulu tidak lepas dengan adanya nasi tumpeng.

"Ya, Alhamdulillah kegiatan ini berlangsung meriah dan diikuti oleh ibu-Ibu dari 13 Kecamatan se- Kota Tangerang," kata Septra Risda Arking, di sela-sela kegiatan.

Lebih jauh Risda menjelaskan, uang tunai jutaan rupiah diberikan sebagai hadiah lomba nasi tumpeng ini. Rp 3 juta untuk pemenang pertama, Rp 2 juta pemenang kedua, Rp 1 juta untuk pemenang ke tiga dan Rp 750 ribu juara harapan itu, pihaknya juga sangaja mengundang mantan Wakil Wali Kota Tangerang dua periode Sachrudin, selaku salah satu pembina UMKM di Kota Tangerang.

"Mudah-mudahan bersama Pak Sachrudin, UMKM Kota Tangerang terus berkembang," ujar Lisda.

Menyikapi hal itu, Sachrudin yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, dengan aktifnya peranserta Emak-emak untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 79, merupakan sesuatu yang luar biasa, seru dan menghibur. Pasalnya, kata dia, peranan serta Emak-emak dalam arti kemerdekaan tentu akan mudah terpatri pada generasi muda sekarang dan yang akan datang.

"Mari Kita teruskan cita-cita para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raganya untuk kepentingan bangsa Indonesia yang lebih baik," tutur Sachrudin yang juga Ketua DPD Golkar Kota Tangerang itu.

Melalui kegiatan ini, para generasi muda sudah bisa dipastikan akan mengingat budaya yang ada.  Budaya lokal kota Tangerang yang harus terjaga kearifannya.

"Ya kalau emak-emaknya sudah berbuat, tentu anak-anaknya akan terus mengikuti, apalagi bapak-bapaknya," ungkap Sachrudin yang juga maju di Pilkada Kota Tangerang 2024 berdampingan dengan Maryono Hasan. (*)

Sumber: