Terungkap, Sampah dari TPA Cipeucang Tangsel yang Dibuang ke Kabupaten Tangerang

Terungkap, Sampah dari TPA Cipeucang Tangsel yang Dibuang ke Kabupaten Tangerang

Tabrani (kanan) saat menjalani pemeriksaan karena tanpa mengantongi izin untuk membuang sampah dari TPA Cipeucang Kota Tangsel ke Desa Gintung, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang. -Polsek Mauk-

TANGERANGEKSPRES.ID - Viral sebuah video yang mengungkapkan puluhan truk berplat hitam membuang sampah dari wilayah Serpong dibuang ke Kampung Pulo, RT 24 RW 04, Desa Gintung, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, sejak Jumat (12/7/2024).

 

Dilihat dari rekam video berdurasi 33 detik yang diterima Tangerang Ekspres pada waktu itu, deretan  truk plat hitam bermuatan sampah dari arah Serpong (Tangerang Selatan) untuk dibuang ke Desa Gintung.

 

"Sampah-sampah yang di wilayah Serpong dibuang ke wilayah Desa Gintung. Ini mobilnya. Mohon ditindaklanjuti. Kepada Kementerian Lingkungan Hidup, Pak Kadis (LHK) Kabupaten Tangerang, Pj (Penjabat) Bupati, mohon nih tindaklanjuti, Pak Camat Sukadiri, nih mobil-mobilnya ya. Ini plat-platnya nih. Ini sampah-sampah," ucap pria perekam video.

 

Kapolsek Mauk AKP Kudratullah menuturkan, sehari setelah viral video itu, Tabrani, sebagai penanggung jawab atau pemilik kendaraan dump truk yang digunakan untuk membawa sampah, mengakui sampah berasal dari TPA Cipeucang Kota Tangerang Selatan (Tangsel), untuk dibuang ke wilayah hukum Polsek Mauk.

 

"Penanggung jawab atau pemilik kendaraan dump truk sudah menandatangani surat pernyataan. Sehari setelah kejadian, atau Sabtu pekan lalu," tutur Kudratullah, saat dikonfirmasi Tangerang Ekspres, belum lama ini.

 

Dijelaskan Kudratullah, warga Kampung Koceak, Desa Keranggan, Kecamatan Setu, Kota Tangsel itu, mengakui tidak mengantongi perizinan dari instansi telah membawa sampah dari TPA Cipeucang Kota Tangsel untuk dibuang ke Desa Gintung.

 

Lalu, pria itu berjanji tidak akan mengulangi perbuatan yang sama tanpa mengantongi perizinan dari instansi terkait. Pria itu pun bersedia membawa kembali sampah-sampah yang diangkutnya dari TPA Cipeucang Kota Tangsel.

 

Sumber: