2 Warga Baduy Dalam Teridentifikasi Positif DBD

2 Warga Baduy Dalam Teridentifikasi Positif  DBD

TANGERANGEKSPRES.ID - Dua warga Baduy dalam teridentifikasi positif kasus demam berdarah dengue (DBD) setelah dilakukan pengambilan sampel darah okeh tim kesehatan sahabat relawan Indonesia (SRI) Banten.

 

"Kedua warga Baduy Dalam itu perempuan bernama Siti (17) dan laki-laki Mani (14)," kata Ketua Koordinator SRI Muhammad Arif Kirdiat, kepada Wartawan, Sabtu (27/4/2024). 

 

Lanjut dia, berdasarkan hasil Laboratorium Kesehatan di Serang, kedua warga Baduy tersebut positif DBD dan kini sudah dilakukan pengobatan dan pemasangan infus.

 

"Pengambilan sampel darah kepada 2 warga Baduy di Kampung Cibeo Desa Kanekes tidak menemui hambatan," ujarnya.

 

Sebab, masyarakat Baduy Dalam saat ini masih melaksanakan ritual Kawalu, sehingga tidak diperbolehkan warga luar masuk ke  pemukiman Baduy Dalam. Sebetulnya, kata Arif, mereka warga Baduy Dalam yang tinggal di Kampung Cibeo terdapat delapan orang yang mengalami suhu demam.

 

Namun, petugas relawan hanya dua warga Baduy dalam yang dilakukan sampel darah sesuai dengan ketersediaan kantong darah, sedangkan enam warga lainnya belum dilakukan pengambilan sampel darah.

 

"Kami berharap enam warga Baduy Dalam lainnya bisa dilakukan pengambilan sampel darah, karena mereka juga mengalami tubuhnya suhu demam," tutur Arif.(*)

 

Sumber: