Pondok Benda Terkenal Sebagai Penghasil Bunga Anggrek, Dijual Ketempat Ini

Pondok Benda Terkenal Sebagai Penghasil Bunga Anggrek, Dijual Ketempat Ini

Lurah Pondok Benda Udin Saad. Tri Budi-Tri Budi/TangerangEkspres.id-

Menurutnya, bunga anggrek dari wilayahnya sebagian besar dipesan dan dijual ke pasar bunga Rawa Belong di Jakarta Barat. Pasar Bunga Rawa Belong sudah cukup terkenal dan anggrek asal Pondok Benda juga terkenal dikalangan penjual bunga.

 

Namun, ada juga penjual bunga maupun pemilik event organizer (EO) yang membelinya. "Sekarang ini hanya ada sekitar 3 petani yang masih bertahan bercocok tanam bunga anggrek ini," jelasnya.

 

Menurutnya, saat Kota Tangsel masih nergabung dengan Kabupaten Tangerang dahulu jumlah petani anggrek jumlahnya luar biasa banyak, sehingga produknya juga banyak. "Dahulu tiap titik RW pasti ada kebun anggreknya, kalau sekarang tinggal sedikit," ungkapnya.

 

Saad menuturkan, bunga anggrek sudah ada di wilayahnya sejak dirinya masih duduk dibangku sekolah dasar (SD). Dimana petaninya merupakan turun temurun dan saat ini sudah generasi ketiga.

 

"Bunga anggrek ada di Pondok Benda karena lahannya bagus dan petani atau warga disini sudah paham soal merawat dan bercocok tanam. Ilmunya juga diturunkan oleh keluarga," ungkapnya.

 

Anggrek dipasaran harganya relatif dan dijual per batang. Dimana tidak ada kata musim anggrek karena perawatan terus dan berbunga sepanjang hari. "Di RW 18 Kelurahan Pondok Benda ada nama jalan, namanya Jalan Anggrek," tutupnya. (*)

 

 

 

Sumber: