Pondok Benda Terkenal Sebagai Penghasil Bunga Anggrek, Dijual Ketempat Ini

Pondok Benda Terkenal Sebagai Penghasil Bunga Anggrek, Dijual Ketempat Ini

Lurah Pondok Benda Udin Saad. Tri Budi-Tri Budi/TangerangEkspres.id-

TANGERANGEKSPRES.ID - Kota Tangsel patut berbangga diri. Meskipun menyandang predikar sebagai kota termuda di Provinsi Banten namum, memiliki keunggulan dibanding kabupaten kota lainnya.

 

Kota Tangsel dianugrahi sebagai salah satu kota penghasil bunga angrek. Saat ini di Kelurahan Pondok Benda dan Benda Baru Pamulang masih terdapat beberapa petani bunga anggrek.

 

Tak heran, bila Kota Tangsel juga memiliki Icon berupa bunga angrek jenis douglas. Keberadaan bunga anggrek di Pondok Benda dan Benda Baru sudah lama ada sejak 1980-an dan sudah ada sejak Kota Tangsel masih gabung dengan Kabupaten Tangerang.

 

Lurah Pondok Benda Udin Saad mengatakan, dahulu di wilayahnya terkenal dengan bunga anggreknya. Namun, seiring perkembangan jaman saat ini lahan perkebunan bunga anggrek berubah menjadi rumah pribadi, kluster dan dijual.

 

"Alasannya banyak dan mungkin salah satunta karena pemilik lahan membutuhkan uang sehingga lahannya dijual," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Kamis (18/1/2024).

 

Saad manambahkan, bunga anggrek menjadi icon Kota Tangsel dan itu diambil  dari Kelurahan Pondok Benda. Saat ini, di Pondok Benda terdapat 4 jenis bunga anggrek, mulai dari Douglas, Gymstori, Dendrobium dan Giwi.

 

"Yang paling banyak itu anggrek jenis douglas. Dari sekitar tahun 1980-an anggrek sudah banyak di Pondok Benda," tambahnya.

 

Sumber: