Pemkot Serang Bersama BBWSC3 Kaji Rencana Pembangunan Bendungan Karet

Pemkot Serang Bersama BBWSC3 Kaji Rencana Pembangunan Bendungan Karet

Pemerintah Kota Serang bersama BBWSC3 mengkaji rencana pembangunan bendungan karet di Kecamatan Kasemen.-Dani Mukarom-

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemerintah Kota Serang bersama Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau, Ciujung, Cidurian (BBWSC3) mengkaji rencana pembangunan bendungan karet di Kecamatan Kasemen.

 

Bendungan tersebut dirancang agar bisa mengatur debit air di sungai Cibanten dan mengantisipasi kejadian banjir seperti beberapa tahun yang lalu.

 

Kepala BBWSC3, I Ketut Jayada menjelaskan, teknologi yang cocok dipakai di wilayah Kota Serang adalah bendung karet. Teknologi bendung karet dianggap cocok karena bisa bergerak dan naik turun mengatur air.

 

"Salah satunya bendungan yang bisa bergerak itu bendung karet kalau saat banjir kapasitasnya besar dia harus dikempes," katanya saat diwawancarai, Kamis (4/1/2024). 

 

Tidak hanya itu, kondisi di saat tidak banjir, air laut akan mengarah ke sungai yang membuat air sungai menjadi asin, untuk menghalangi air asin itu bendung karet bisa ditinggikan. Sehingga air sungai bisa dimanfaatkan oleh PDAM sebagai pasokan air bersih.

 

"Anggaran belum dipastikan, masih kita desain dulu, tapi kita ajukan tahun ini pasti," ujarnya.

 

Sementara itu, Pj Wali Kota Serang Yedi Rahmat menuturkan, membangun Kota Serang harus dilakukan dari sisi infrastruktur maupun dari sumber daya air, karena dua hal tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

 

Sumber: