Pemdes Jatiwaringin Fokus Bantu Bidang Pertanian sejak 2022

Selasa 11-06-2024,16:59 WIB
Reporter : Zakky Adnan
Editor : Sutanto

TANGERANGEKSPRES.ID - Hingga kini, Pemerintah Desa (Pemdes) Jatiwaringin, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten menjadikan pertanian padi salah satu fokus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

 

Kepala Desa Jatiwaringin Hasan Bahri menuturkan, pihaknya selalu menyalurkan bantuan bibit, pupuk, dan pestisida kepada kelompok tani di desanya setiap tahun sejak 2022 sampai sekarang.

 

"Bahkan, tak hanya bibit, pupuk dan pestisida, kami juga memberikan kelompok tani bantuan 3 mesin perontok padi pada 2023 dan 5 semprot padi serta 4 mesin pompa air pada 2024 ini," tuturnya, Selasa (11/6/2024).

 

Pria yang akrab disapa Baron ini menjelaskan diketahui bahwa pada awal 2022 atau saat dirinya mulai aktif menjabat kepala desa sedang terjadi pandemi Covid-19.

 

"Makanya dari pemerintah desa, alokasinya memang ada untuk ketahanan pangan, jadi kami kasih bantuan itu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Baron.

 

Disampaikan Baron, mekanisme pemanfaatan peralatan pertanian yang diberikan pemerintah desa, antara lain mesin perontok padi, alat semprot dan mesin pompa air itu, diatur oleh masing-masing kelompok tani di desanya.

 

"Kami hanya berpesan agar menjaga dan merawat perlengkapan pertanian yang telah diberikan oleh pemerintah desa," ucapnya.

 

Di luar itu, tambah Baron, ia berencana melakukan pembinaan kepada pelaku UMKM di desanya. Tujuannya, agar dana desa juga dirasakan langsung oleh pelaku UMKM untuk meningkatkan perekonomian di desanya. (*)

Kategori :