Tahun Ini 1.202 Calon Jamaah Haji Asal Tangerang Selatan Pergi ke Tanah Suci

Minggu 12-05-2024,13:10 WIB
Reporter : Tri Budi
Editor : Aries Maulansyah

TANGERANGEKSPRES.ID - Tahun ini ada 1.202 calon jamaah haji asal Kota Tangsel yang akan menunaikan ibadah haji ke tanah suci, Mekkah. Mereka akan diberangkatkan dalam 4 kloter dan kloter pertama akan diberangkatkan pada 17 Mei 2024.

 

Kepala Kantor Kemenag Kota Tangsel Dedi Mahfudin mengatakan, tahun ini ada 1.202 jamaah yang akan berangkah ke tanah suci, Mekkah. "Jumlah tahun ini naik sekitar naik 20 persen dari tahun lalu," ujarnya kepada wartawan seusai pelepasan petugas haji di kantor Kemenag Kota Tangsel, Rabu (7/5/2024).

 

Dedi menambahkan, dari 1.202 jamaah yang akan berangkat hanya 1.171 yang berangkat dari Kota Tangsel dan sisanya mutasi keluar. 

 

"Pemberangkatan jamaah haji akan kita bagi dalam 4 kloter, yakni 2 kloter full di gelombang pertama, 1 kloter full digelombang dua dan 1 gabungan digelombang kedua juga," tambahnya.

 

Menurutnya, tahun ini calon jamaah haji yang berusia paling tua adalah 88 tahun dan paling muda 19 tahun. "Harusnya ada yang berusia 91 tahun tapi, karena terganggu kesehatan makanya ditunda," jelasnya.

 

Dedi menambahkan, ada 16 orang petugas haji asal Kota Tangsel yang akan mendampingin calon jamaah haji. Ia mengaku, sampai saat ini kesiapannya sudah sampai proses tinggal pemberangkatan. 

 

"Secara administrasi sudah selesai semua dan tinggal yang cadangan-cadangan dan proses visanya sedang berjalan terus. Cadangan ada 164, cadangan ini ada kuota yang tidak habis di provinsi lain itu dijadikan kuota nasional. Nah cadangan kita secara otomatis kita masuk situ," ungkapnya.

 

Sementara itu, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, pihaknya menegaskan komitmen untuk melayani dan memastikan bahwa seluruh jamaah haji dari Kota Tangsel mendapatkan pelayanan terbaik. 

Kategori :