DKP Banten Targetkan 220.000 Ton Ikan Tangkap dan Budidaya Ikan

Senin 08-01-2024,16:27 WIB
Reporter : Syirojul Umam
Editor : Aries Maulansyah

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemprov Banten melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Banten menargetkan produksi sebanyak 220 ribu ton ikan tangkap dan budidaya di tahun 2024. Target tersebut optimis tercapai dengan kondisi iklim yang cukup baik untuk tangkap ikan dan budidaya ikan.

 

Kepala DKP Provinsi Banten, Eli Susiyanti mengatakan, kondisi iklim di 2024 cukup baik dan diyakini akan sangat berpengaruh terhadap tangkap dan budidaya di 2024. 

 

"Dengan kondisi seperti ini mudah-mudahan target 2024 sebanyak 220 ribu ton bisa tercapai," katanya saat ditemui di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Senin (8/1/2024).

 

Ia menjelaskan, untuk mencapai target yang diinginkan, pihaknya memiliki program yang berfokus pada kerja dan produktifitas nelayan yaitu membangun sarana dan prasarana serta penyediaan kepada nelayan. 

 

Program tersebut, seperti bantuan alat tangkap kepada nelayan, termasuk dengan bantuan benih unggul kepada pembudidaya ikan. 

 

"Iya bantuan jenisnya bantuan alat tangkap, dan benih unggul," jelasnya.

 

Selain itu, untuk meningkatkan produksi ikan di bidang budidaya supaya memiliki nilai ekonomis tinggi, DKP Banten melakukan diversifikasi kepada para Unit Pengolah Ikan (UPI).

 

Dikatakan Eli, pada 2023 produksi tangkap dan budidaya ikan hanya mencapai sekitar 190 ribu ton. Capaian tersebut nyatanya masih belum memenuhi target yang diakibatkan oleh cuaca ekstrim.

Kategori :