Bawaslu Temukan Joki Pantarlih

Bawaslu Temukan Joki Pantarlih

Ketua Bawaslu Kota Tangerang, Komarulloh saat terjun langsung ke lapangan saat melakukan pengawasan kawal hak pilih daftar pemilih Pilkada serentak 2024, belum lama ini. -Abdul Aziz-

TANGERANGEKSPRES.ID - Bawaslu Kota Tangerang menemukan adanya joki dalam  proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pada pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

 

Ketua Bawaslu Kota Tangerang, Komarulloh mengungkapkan, proses Coklit data pemilih pada Pilkada serentak, pihaknya menemukan adanya joki. Hal itu dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) dengan melibatkan anggota keluarganya.

 

"Itu temuan kita teridentifikasi adanya joki. Jadi pada saat proses coklit, petugas Pantarlih itu melibatkan anggota keluarganya . Ini menjadi perhatian serius," ungkap Komarulloh, Sabtu (20/7/2024).

 

Dia juga mengungkapkan, pihaknya banyak menemukan permasalahan dalam proses coklit yang dilakukan petugas Pantarlih, seperti dalam proses coklit data pemilih, banyaknya petugas Pantarlih tidak terjun langsung ke lapangan.

 

"Sejak hari pertama pelaksanaan coklit lebih kurang dalam sepekan, di salah satu kecamatan tidak adanya petugas Pantarlih yang turun ke warga," beber Komarulloh.

 

Beberapa hal tersebut menjadi permasalahan dalam proses tahapan pelaksanaan kepemiluan. Dia menyatakan, tindakan-tindakan tersebut telah melanggar aturan kepemiluan.

 

“Seperti adanya praktik joki itu tidak dapat dibenarkan. Siapa pun yang menggantikan, baik suami atau anak, tetap tidak boleh,” tandasnya lagi..

 

Sumber: