Jalin Kerjasama Dengan Pemkot Serang, PT Sinar Sosro Berikan Rp1 Miliar untuk Revitalisasi Pasar Lama

Jalin Kerjasama Dengan Pemkot Serang, PT Sinar Sosro Berikan Rp1 Miliar untuk Revitalisasi Pasar Lama

Kepala DiskopUMKMPerindag Kota Serang Wahyu Nurjamil pada saat diwawancarai oleh awak media, di Kantor Wali Kota Serang, Rabu (3/7/2024).--

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DiskopUMKMPerindag) melakukan penandatanganan kerja sama dengan PT Sinar Sosro untuk merevitalisasi Pasar Lama.

Penandatanganan nota kesepakatan atau Memoradum of Understanding (MoU), mengenai investasi yang akan diberikan oleh PT Sinar Sosro berupa fasilitas penunjang zona Kuliner Halal, Aman, Sehat (KHAS) yang berada di Pasar Lama, Kota Serang. Dengan nilai sebesar Rp1 miliar.

Kepala DiskopUMKMPerindag Kota Serang Wahyu Nurjamil mengatakan, selain penunjang fasilitas seperti meja dan kursi makan, pihak PT Sinar Sosro juga akan mendukung kegiatan-kegiatan untuk menarik pengunjung datang ke Pasar Lama. 

"Pertama kita disupport terkait dengan sarana prasarana seperti auning, panggung, lampu-lampu gitu, dan termasuk kepada event-event yang nanti akan diadakan di Zona kuliner, halal, aman, sehat di pasar lama," katanya, Rabu (3/7/2024).

Kata Wahyu, dengan adanya investasi yang dilakukan oleh PT Sinar Sosro di Kota Serang, menunjukkan bahwa Kota Serang layak dijadikan sebagai tempat untuk berinvestasi bagi para investor-investor atau perusahaan-perusahaan yang di Kota Serang maupun dilur Kota Seran.

"Ini pertama di Kota Serang, PT Sosro berinvestasi untuk merevitalisasi Pasar Lama. Adapun, nilainya kurang lebih sekitar Rp1 miliar, di 5 tahun ini tapi itu nanti tergantung dari kebutuhan, karena setiap event itu kan kan ada juga perjanjian, kesepakatan ,kerjasama event," tuturnya.

Selain melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menarik pengunjung, Wahyu Nurjamil mengaku, pihaknya bersama dengan PT Sinar Sosro tentunya akan melakukan pembinaan kepada pelaku UMKM yang berada di Pasar Lama.

"Tapi kami mengutamakan untuk para pelaku UMKM yang ada di Kota Serang untuk menampilkan produknya nanti di Pasar Lama," ucapnya.

Wahyu berharap dengan dilakukannya kerjasama antara Pemkot Serang dengan PT Sinar Sosro, nantinya dapat menaikkan omset para pedagang.

"Mudah-mudahan dengan masuk investasi ini dengan ramainya nanti di pasar lama ada event-event, dengan perbaikan fasilitas itu akan menaikkan lagi omset dari para pedagang," harapanya.

Sementara itu, Development Promotion Supervisor PT Sinar Sosro M. Arif mengatakan kerjasama yang dilakukan antara Pemkot Serang dengan PT Sinar Sosro, terjalin lantaran sejalan dengan misi PT Sosro terhadap pembinaan usaha UMKM. 

"Kita bentuknya itu nanti akan memberikan fasilitas-fasilitas, membangun fasilitas yang disitu (Pasar Lama) berupa kanopi sama penyiapan meja kursi," katanya.

Selain itu, dikatakan Arief, nantinya pihaknya akan menggelar event-event di Zona Khas Pasar Lama untuk mengembangkan kesenian lokal Kota Serang.

"Kita akan kembangkan kesenian lokal, misalnya anak-anak muda ditampung di situ kita buatkan sebuah panggung sehingga mereka bisa mengisi di situ. Jadi mereka saling bersinergi," ujarnya. (*)

Sumber: