'Bara' dan 'Jara' Jadi Maskot untuk Pilgub Banten 2024

'Bara' dan 'Jara' Jadi Maskot untuk Pilgub Banten 2024

KPU Provinsi Banten meluncurkan maskot dan jingle untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2024 di Stadion Maulana Yusuf Kota Serang, Sabtu Malam (1/6/2024).-Syirojul Umam/Tangerang Ekspres-

TANGERANGEKSPRES.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten meluncurkan Maskot dan Jingle Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur Provinsi Banten Tahun 2024, di Stadion Maulana Yusuf Kota Serang, Sabtu (1/6/2024) Malam .

Maskot yang diluncurkan untuk Pilgub yakni Badak dengan nama Bara dan Jara yang merupakan akronim dari 'Banten Bersuara' dan 'Jaga Suara'. kemudian untuk Jingle Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten dengan Judul 'Sayangi Bantenmu, Coblos Pilihanmu'.

Peluncuran dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Banten M Ihsan beserta jajaran komisioner lainnya. Kemudian hadir anggota KPU Republik Indonesia Mochammad Afifuddin, Pj Gubernur Provinsi Banten Al Muktabar, dan jajaran forkopimda Provinsi Banten.

Peluncuran ini juga diikuti pimpinan partai politik tingkat Provinsi Banten, Ormas/OKP, Jajaran KPU Kabupaten/Kota, jajaran PPK Pilkada Serentak Tahun 2024 se-Provinsi Banten.

Ketua KPU Provinsi Banten, M Ihsan dalam sambutannya mengatakan, bahwa Tahun 2024 merupakan tahun politik bagi Indonesi, khususnya Provinsi Banten. Ia menjelaskan, tidak ada kepemimpinan yang lahir tanpa demokrasi, dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 angka partisipasi mencapai 83.94 persen.

"Ini merupakan keberhasilan bersama dan kerjasama seluruh pihak," katanya

Ia menuturkan, kegiatan launching atau peluncuran Maskot dan Jingle untuk Pilgub 2024 diharapkan agar masyarakat Banten dapat mengetahui puncak pesta demokrasi Pilkada 2024 pada 27 November 2024, dan juga partisipasi pemilih dapat terus meningkat.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Banten telah mensukseskan Pemilu 2024, harapannya lahirnya pemimpin yang mampu menciptakan keadilan untuk seluruh masyarakat," tuturnya.

Ihsan mengaku, pemilihan Badak Cula Satu atau Badak Jawa menjadi maskot pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2024, yang diberi nama Bara 'Banten Bersuara' dan Jara 'Jaga Suara', merupakan salah satu hewan khas yang dapat ditemukan di Banten.

"Karena badak ini salah satu hewan yang dimiliki Banten dan hewan langka. Maka saya yakin ini mudah dikenal," ungkapnya.

Anggota KPU RI, Mochammad Afifudin dalam sambutan menyampaikan, masyarakat Banten telah berhasil mensukseskan Pemilu 2024, masyarakat Banten bersama-sama menyambut kegembiraan di tahun politik dan mensukseskan Pilkada Banten 2024.

Sementara itu, Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, peluncuran Maskot dan Jingle merupakan salah satu langkah bahwa Banten siap melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

"Launching jingle dan maskot ini sebagai simbol kita siap untuk melaksanakan Pilkada, dan momen ini penting disampaikan kepada publik bahwa akan melaksanakan Pilkada pada 27 November 2024 nanti," katanya.

Pada kesempatan itu, Al Muktabar juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada saat pelaksanaan Pilkada Serentak.

"Saya imbau kepada masyarakat pada waktunya nanti untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik, karena itu menentukan masa depan kita," katanya.

Selanjutnya, Al Muktabar juga mengapresiasi kepada KPU Provinsi Banten yang memilih Badak Jawa atau Badak Cula Satu sebagai maskot pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2024.

"Ini sebuah pilihan yang tepat saya pikir, karena itu bagian kebantenan (khas Banten) dan kita jaga serta kita sosialisasikan penjagaannya," paparnya. (*)

Sumber: