Sewa Bus Pariwisata, Cek Uji Kelayakan Melalui Aplikasi e-KIR

Sewa Bus Pariwisata, Cek Uji Kelayakan Melalui Aplikasi e-KIR

Petugas Dishub Kota Tangerang tengah melakukan pengecekan uji kelayakan terhadap bus pariwisata.-Abdul Aziz-

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemkot Tangerang telah menambahkan fitur e-KIR pada aplikasi Tangerang Ayo. Fitur tersebut memudahkan masyarakat untuk melakukan pengecekan kendaraan angkutan umum seperti Bus yang akan digunakan untuk wisata atau keperluan lainnya apakah sudah dilakukan uji KIR sebagai syarat untuk memenuhi layak digunakan atau belum.

 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Ahmad Suhaely mengatakan, Pemkot Tangerang telah mengembangkan aplikasi Tangerang Ayo dengan menambahkan fitur e-KIR yang merupakan alat bantu bagi masyarakat untuk melakukan pengecekan administrasi kendaraan angkutan umum seperti bus pariwisata apakah sudah dilakukan uji KIR sehingga mendapatkan izin beroperasi dan layak digunakan. 

 

"Fitur ini memudahkan masyarakat apabila akan menggunakan angkutan umum seperti bus pariwisata dapat dilakukan pengecekan terlebih dahulu kelengkapan data administrasinya, apakah kendaraan tersebut sudah dilakukan uji KIR sebagai tanda bahwa kendaraan tersebut layak digunakan secara teknis di jalan raya atau belum," kata Suhaely saat ditemui di Kantor Dishub, Selasa (21/5/2024).

 

Dia menjelaskan, masyarakat hanya menginput atau memasukan nomor kendaraan yang akan digunakan pada fitur tersebut. Hasilnya fitur tersebut akan menginformasikan data administrasi kendaraan tersebut.

 

"Setidaknya kalau datanya sudah lengkap dan layak beroperasi masyarakat akan merasa nyaman, tapi kalau bus wisata yang akan digunakan belum dilakukan uji KIR masyarakat wajib menolaknya," tandasnya.

 

Dia menegaskan, apabila ditemukannya kendaraan angkutan umum seperti bus pariwisata belum dilakukan uji KIR, masyarakat diimbau untuk melaporkannya ke Kantor Dishub Kota Tangerang atau melalui aplikasi Tangerang Ayo.

 

"Kalau pas pengecekan ada bus yang belum uji KIR laporkan ke kami bisa melalui aplikasi Tangerang Ayo supaya kita lakukan tindakan," tukasnya.

 

Sumber: