Ratusan Buruh Unjuk Rasa di Depan PT Victory Chingluh Indonesia

Ratusan Buruh Unjuk Rasa di Depan PT Victory Chingluh Indonesia

Ratusan buruh unjuk rasa di depan PT Victory Chingluh Indonesia, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Senin (20/5/2025) -Dokumentasi aliansi serikat pekerja/serikat buruh PT Victory Chingluh Indonesia--Zakky Adnan/Tangerang Ekspres-

TANGERANGEKSPRES.ID - Ratusan buruh yang tergabung kedalam sejumlah serikat pekerja unjuk rasa, di depan PT Victory Chingluh Indonesia, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Senin (20/5/2024).

 

Dalam aksinya, salah seorang buruh perempuan di atas mobil komando Federasi Serikat Buruh Merdeka (FSBM) mengatakan, buruh selalu mengerti bagaimana kondisi manajemen karena selalu dituntut mengerti kondisi manajemen.

 

"Manajemen selalu menyampaikan, bahwa kondisi perusahaan sedang tidak baik-baik saja. Orderan sedang menurun. Tapi, kami punya mata. Tau. Gedung M dan S, sedang menerima order yang tinggi. Bahkan, ada lembur," ujarnya.

 

Di tempat yang sama, Arif, salah satu peserta aksi mengutarakan kepada awak media, bahwa aksi ini hanya perwakilan dari para pengurus pengurus serikat buruh mempersoalkan kenaikan upah yang tidak sesuai kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah melalui SK Gubernur 2024 berdasarkan nilai pertumbuhan ekonomi sebesar 1,64 persen, namun masih ditawar 1 persen.

 

Aktivis Buruh dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) ini, juga menyayangkan sampai bulan ke 5 ini, belum ada pelaksanaan dari kenaikan upah tersebut. Belum lagi hak hak kesejahteraan buruh yang lain.

 

Diketahui, buruh yang mengikuti aksi unjuk rasa berasal dari sejumlah serikat pekerja atau serikat buruh antara lain, Serikat Gerakan Buruh Nasional (SGBN), Gerakan Serikat Buruh Indonesia (GSBI), Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) dan Federasi Serikat Buruh Merdeka (FSBN).

 

Adapun tuntutan aliansi serikat pekerja atau serikat buruh tersebut meliputi:

1. Naikan upah berjalan masa kerja 1 tahun lebih sesuai SK Gubernur Banten.

Sumber: