Mengintip Kebun Teh Organik Terbaik Dunia, Ternyata Ada di Lebak

Mengintip Kebun Teh Organik Terbaik Dunia, Ternyata Ada di Lebak

Wisatawan asal Kabupaten Serang saat mengunjungi kebun teh PT HGF di Kecamatan Cibeber, Sabtu (11/5/2024).-A Fadilah-

Selain jenis tehnya yang bagus lanjut Apao, proses pengolahannya juga butuh keahlian khusus. Dari mulai tanam hingga diolah di pabrik harus ada ahli teh. Bahkan, teh produksi PT HGF telah mendapatkan berbagai sertifikat Nasional (SNI dan Halal), sertifikat internasional seperti USDA Organic (Amerika Serikat), Non-EU Agriculture (Uni Eropa), dan Ecocert. 

 

“Yang diproduksi di sini teh organik dan

mengolah pucuk daun itu menjadi teh putih, hitam, hijau, dan oolong. Ada 2 bentuk teh hitam dan hijau, tergulung (rolled) dan melintir (twisted)," tutur dia.

 

Menurutnya, beberapa tahun belakangan, Kebun Teh Cikuya miliknya juga jadi tujuan wisata lokal. Bahkan pemerintah Lebak menjadikan kebun teh ini sebagai tempat wisata unggulan daerah.

 

"Namun sayang akses menuju ke sani (kebun teh) rusak dan beberapa titik mengalami longsor dan harus segara ditangani," ungkapnya.

 

Karena, kata Apao kebun teh Cikuya ini sudah menjadi tujuan wisata dengan Hamparan kebun teh yang tertata rapi, jadi daya tarik untuk berfoto. Sehingga butuh penataan akses jalan.

 

“Sebetulnya fokus kita bukan untuk wisata, tapi ternyata banyak yang tertarik datang, akhirnya mau tidak mau kita tata dengan buat spot foto di sekitar kebun teh,” ucapnya.

 

Selain berfoto di kebun teh, pengunjung juga bisa mencicipi teh yang diproduksi di sini. Ada kafe khusus yang dibuat untuk wisatawan dengan beragam menu teh seperti teh oolong, teh merah, teh hijau dan teh opa.

 

Sumber: