RKPD Kota Serang Fokus Tekan Angka Stunting

RKPD Kota Serang Fokus Tekan Angka Stunting

Pj Wali Kota Serang Yedi Rahmat foto bersama dengan Forkopimda saat Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Serang Tahun 2025, di Hotel Horison, Rabu, (17/1/2024).-Dani Mukarom-

TANGERANGEKSPRES.ID - Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Serang 2025 masih difokuskan untuk menekan angka stunting

Hal itu dikatakan langsung oleh Pj Wali Kota Yedi Rahmat saat Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Serang Tahun 2025, di Hotel Horison, Rabu, (17/1/2024)

Yedi mengatakan, Pemkot Serang tahun ini   masih fokus dalam menekan penurunan kasus stunting di Kota Serang. 

"Kita masih berupaya untuk menekankan kasus stunting di Kota Serang. Dan mudahan-mudahan itu semuanya bisa teratasi berdasarkan perencanaan yang matang dan konsisten," katanya.

Yedi Rahmat mengatakan, dalam realisasinya organisasi perangkat daerah (OPD) harus konsisten sesuai dengan dokumen perencanaan penganggaran. 

"Artinya jangan sampai perencanaannya kemana, anggarannya kemana. Jadi harus konsisten antara perencanaan dengan penganggaran," katanya. 

Ia menjelaskan, berdasarkan Peraturan Mentri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2027 bahwa pemerintah daerah setia satu tahun sekali diwajibkan untuk melaksanakan penyusunan RKPD.

"Jadi nanti Rencana Kerja Pemerintah Pusat (RKPP) dituangkan ke RKPD Provinsi maupun daerah itu dasarnya. Nah nanti program prioritas nasional ada di situ, tinggal kita masukan ke dokumen perencanaan kita untuk segera dilaksanakan," ujarnya.

Dalam Rancangan Awal RKPD Kota Serang tahun 2025 juga  pihaknya telah melibatkan beberapa unsur lapisan, mulai dari akademisi, tokoh masyarakat dan aktivis.

"Tentunya kehadiran mereka untuk memberikan masukan tentang penyempurnaan RKPD Kota Serang. Tapi kalau masukan nya apa saja, saya belum tau, karena mereka tadi baru mengisi formulir nya. Mungkin satu atau dua hari saya baru tahu masukannya apa aja," ujarnya.  (*)

Sumber: