Tender Pasar Anyar Kelar, Pedagang Belum Mau Pindah

Tender Pasar Anyar Kelar, Pedagang Belum Mau Pindah

RANAH HUKUM: Revitaliasai Pasar Anyar memasuki tahap pelaksanaan, namun sebagian pedagang pasar melakukan langkah hukum menggugat kebijakan Pemkot merevitalisasi Pasar Anyar.-Abdul Aziz-

Menurutnya, tempat relokasi yang telah ditunjuk pihak Pemkot Tangerang, yakni Mal Metropolis Town Square dan Plaza Shinta dinilai akan menyulitkan baik para pedagang maupun para pelanggan lantaran tidak adanya akses transportasi umum. 

Selain itu, poin-poin kesepakatan antara pihak manajemen Mal Metos dengan Pemkot Tangerang, para pedagang hingga saat ini belum diberikan kejelasan.

 

"Katanya kita cuma diminta bayar retribusi besarannya sama dengan di sini (Pasar Anyar) tanpa mengeluarkan biaya sewa kios lagi selama revitalisasi. Tapi itu cuma melalui lisan tanpa adanya bukti tertulis, seperti apa. Itu kan membuat kita khawatir kedepannya," ujarnya.

 

"Kita sudah mempertanyakan terkait MoU dengan pihak Metos, nanti kita di sana seperti apa, jangan sampai baru beberapa bulan pakai kita malah diminta uang sewa kios atau adanya kenaikan biaya listrik dan lainnya. Kita belum tahu sampai saat ini perjanjiannya atau kesepakatannya seperti apa antara pihak Metos dengan Pemkot Tangerang," sambungnya.

 

Menurutnya, para pedagang terutama pedagang pakaian dan pedagang basah inginya direlokasi setelah perayaan Lebaran Idul Fitri pada April 2024. Hal itu lantaran pada bulan Ramadan dan Idul Fitri para pedagang pakaian tengah ramai pembeli. 

 

"Kita minta setelah Lebaran Idul Fitri di April 2024. Karena kan ibaratnya kita lagi panen di momen itu," imbuhnya.

 

Dia menegaskan, para pedagang sama sekali tidak menolak revitalisasi bangunan Pasar Anyar. Sebab, kondisi bangunan Pasar Anyar saat ini memang sudah tidak layak. Oleh karenanya, para pedagang sangat setuju dilakukannya revitalisasi bangunan Pasar Anyar tersebut. 

 

Namun, yang harus dipertimbangkan para pedagang masih memiliki hak guna pakai hingga 2026. Para pedagang hanya meminta Pemkot Tangerang mengakomodir permintaan para pedagang kering dan basah yang hanya ditempatkan di satu tempat relokasi yang dekat dengan Pasar Anyar. 

 

Sumber: