KKN Jangan Hanya Sekedar Menggugurkan Kewajiban

Kamis 25-07-2024,13:50 WIB
Reporter : A. Fadilah
Editor : Aries Maulansyah

TANGERANGEKSPRES.ID - Bupati Pandeglang Irna Narulita melepas peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mathla'ul Anwar (Unma) Banten tahun 2024, di Gedung Serbaguna (GSG) Kampus Unma Cikaliung, Kamis (24/7/2024).

 

Dalam sambutannya, Irna meminta agar mahasiswa bisa mengaplikasikan ilmu yang di dapat dari bangku kuliah, sehingga bisa memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat.

 

"Ilmu yang kalian dapat dibangku kuliah bisa diaplikasikan saat KKN, karena sebaiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain," kata Irna, dihadapan ratusan mahasiswa.

 

Lebih lanjut Irna mengatakan, saat para mahasiswa turun ke lapangan melaksanakan KKN akan banyak mendapatkan wawasan dan pemahaman tentang kemasyarakatan dan dunia kerja sesungguhnya.

 

"Tantangan kedepan diera digital lebih berat, mahasiswa harus dapat menuangkan ide gagasan yang kreatif inovatif membangun bangsa, menuju pandeglang emas, banten emas, dan indonesia emas," ujar Irna.

 

Rektor Unma Banten, E. Syibli Syarjaya mengatakan, selama satu bulan kedepan para mahasiswa akan melakukan pengabdian di masyarakat. Ini merupakan sebuah kewajiban yang masuk kedalam Tridharma perguruan tinggi.

 

"Selama 7 semester mahasiswa bergelut dan berinteraksi dengan pendidikan, sekarang mahasiswa akan mengaplikasikan ilmu tersebut di lapangan, jadikan KKN sebagai wahana pengembangan diri," paparnya.

 

Ia juga berharap, KKN jangan sekedar untuk menggugurkan kewajiban, namun bisa lebih dari itu dapat melakukan interaksi dengan semua komponen di desa maupun kecamatan untuk memaping sebuah kendala yang terjadi di lapangan.

Kategori :