Kerjasama Pemkot Tangerang Selatan dengan Kota Serang Berakhir April 2024

Selasa 16-01-2024,14:42 WIB
Reporter : Tri Budi
Editor : Sihara Pardede

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemkot Tangsel beberapa tahun ini telah kerjasama dengan Pemkot Serang. Kerjasama tersebut terkait pembuangan sampah dari Kota Tangsel ke TPA Cilowong yang ada di Kota Serang.

Namun, Pemkot Serang tidak melanjutkan kerjasama lagi setelah masa kerjasama tersebut selesai dengan berbagai alasan. Kerjasama dengan Pemkot Serang berakhir pada 2023.

Pemkot Tangsel juga telah bekerjasama dengan Pamkab Lebak terkait berbagai bidang dan salah satunya juga soal pembuangan sampah.

Namun, penjajakan pembuangan sampah dari Kota Tangsel ke Kabupaten Lebak juga sepertinya tidak akan berjalan lantaran ada penolakan dari DPRD Kabupaten Lebak.

Meskipun Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie dan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya telah melakukan penandatangan MoU namun, kerjasama soal pembungan sampah tidak akan terealisasi dalam waktu dekat.

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, kerjasama dengan Kota Serang akan terus berlanjut sampai masa kerjasama selesai.

"Kerjasama dengan TPA Cilowong terus berlanjut sampai April 2024 itu dulu kita selesaikan, kita habiskan baru ke Lebak. Entah di TPA Dengung, entah dimana nanti tergantung kesepakatan," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Selasa (16/1/2024).

Pria yang biasa disapa Pak Ben ini menambahkan, pihaknya beberapa bulan lalu telah melakukan kerjasama dengan Pamkab Lebak dan salah satu point kerjasama adalah pembuangan sampah dari Kota Tangsel ke Kabupaten Lebak. Namun, kerjama tersebut belum ada tindak lanjutnya lagi.

"Kerjasama dengan Lebak kemarin soal sampah belum deal," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Rastra Yudhatama mengatakan, pihaknya terus menjajaki kerjasama dengan Kota Serang maupun Kabupaten Lebak.

"Kita terus melakukan penjajalan kerjasama di dua tempat ini soal pembuangan sampah dari Tangsel ke daerah sana," ujarnya.

Pria yang biasa disapa Yudha tersebut mengaku, kerjasama dengan Kota Serang telah berakhir pada 2023 lalu. Kini, sampah dari wilayahnya dibuang ke TPA Cipeucang. "Tiap hari ada sekitar 400 ton sampah yang dibuang ke TPA Cipeucang," ungkapnya. (*)

Kategori :