Pemkot Pastikan Hanya 22 Siswa SMPN 8 Tangsel yang Terserang Cacar Air

Pemkot Pastikan Hanya 22 Siswa SMPN 8 Tangsel yang Terserang Cacar Air

Pjs. Wali Kota Tangsel Tabrani. -Tri Budi-

"Penyebaran penyakit cacar air dan gondongan ini hanya di SMPN 8 saja. Ini cacar air dan asal usulnya sedang diteliti oleh Dinkes," tuturnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar mengatakan, korban atau siswa yang terserang cacar air jumlahnya tinggal 21 orang. "Semua dirawat di rumah dan semuanya siswa SMPN 8 Tangsel,” ujarnya.

 

Allin menambahkan, sebagai bentuk kesiapsiagaan kewaspadaan dini dan respon terhadap kasus Varicela, pihaknya sudah melakukan sosialisasi, edukasi kepada tenaga kesehatan, penyebarluasan informasi kepada masyarakat dimedia sosial. Juga memperkuat sistem surveilans yang sudah ada untuk melakukan investigasi maupun 

pelacakan kontak. 

 

Selain itu, Dinas Kesehatan telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk memberikan imbauan kepada sekolah serta 

memberikan rekomendasi yang harus dilaksanakan jika terjadi penemuan kasus 

disekolah. 

 

"Kami juga mengharapkan peran serta masyarakat dalam upaya deteksi dini 

untuk segera melaporkan jika ditemukan kasus varicela di wilayahnya. Laporkan segera kepada puskesmas setempat agar dapat ditindaklanjuti," jelasnya.

 

Wanita berkerudung ini menuturkan, jika mengalami gejala varicela maka segera ke fasilitas pelayanan kesehatan atau rumah sakit agar mendapatkan pengobatan simtomatik dan suportif untuk meringankan gejala yang ada hingga mencegah terjadinya infeksi sekunder. 

Sumber: