Pemkot Pastikan Hanya 22 Siswa SMPN 8 Tangsel yang Terserang Cacar Air

Pemkot Pastikan Hanya 22 Siswa SMPN 8 Tangsel yang Terserang Cacar Air

Pjs. Wali Kota Tangsel Tabrani. -Tri Budi-

 

"Penanganan cacar air bertujuan untuk mengurangi keparahan gejala yang dialami oleh pasien, baik dengan atau tanpa bantuan obat dari dokter," tuturnya.

 

Mantan Direktur RSU Kota Tangsel ini mengaku, umumnya penderita cacar air hanya perlu penanganan di rumah. Hal yang perlu diperhatikan adalah istirahat yang cukup dan melakukan upaya agar sistem kekebalan tubuh meningkat. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Selain itu, perlu juga untuk menjaga kebersihan kulit dengan tetap mandi dan mengeringkan tubuh perlahan dengan menggunakan handuk. 

 

Selanjutnya, pastikan merawat dengan seksama luka cacar air untuk mengurangi risiko infeksi bakteri dengan cara bersihkan kulit dengan air dan sabun yang lembut. 

 

"Selalu jaga kebersihan tangan dengan rutin mencucinya, potong kuku agar tidak melukai kulit saat tidak sengaja menggaruk, jaga agar pakaian tetap kering dan bersih," ungkapnya.

 

Untuk mencegah penyebaran cacar air, jangan beraktivitas di luar rumah dahulu sampai semua bintil mengering dan mengelupas. "Langkah pencegahan yang cukup efektif dalam menghindari terjadinya cacar air adalah dengan vaksinasi cacar air. Vaksinasi cacar air bisa didapatkan di rumah sakit," tutupnya. (*)

 

 

 

 

 

Sumber: