Waspada Penyakit Hewan Pada Musim Pancaroba

Waspada Penyakit Hewan Pada Musim Pancaroba

Petugas dari UPT Puskeswan Kota Tangsel membuka layanan konsultasi dan pemberian vaksin rabies saat card free day di BSD Serpong. Tri Budi/Tangerang Ekspres--

TANGERANGEKSPRES.ID - Bagi sebagian orang hobi memelihara hewan peliharaan merupakan hal menyenangkan. Namun, saat ini cuaca tidak menentu. Kadang kala cuaca panas dan tiba-tiba turun hujan. 

 

Musim pancaroba selalu identik dengan hadirnya berbagai penyakit pada hewan peliharaan. Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Tangsel Pipit Surya Yuniar mengatakan, saat ini seharusnya masih kemarau tapi, kadang kalau turun hujan juga.

 

"Kalau Kemarau ke hujan, biasanya musim peralihan ya biasa banyak penyakit yang bermunculan pada hewan peliharaan awalnya kering, kelembaban muncul. Biasanya virus yang biasanya tidur akan muncul pada musim hujan," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Senin (5/8/2024).

 

Pipit menambahkan, cuaca yang tidak menentu tentu membuat kelembaban datang. Kelembaban tersebut kerap kali membuat berbagai penyakit terhadap hewan peliharaan.

 

"Biasanya muncul flue pada hewan, kekebalan turun, perubahan suhu dari panas ke hujan. Ini sama seperti manusia juga, jadi imun turun penyakit muncul," tambahnya.

 

Menurutnya, penyakit yang muncul biasanya muncul tergantung kekebalan disebut virus. Jika bakteri biasanya terkait sanitasi.

 

"Virus di hewan itu bisa flue, pencernaan.

Kalau penyakit kulit akibat kulit lembab lalu muncul jamur," jelasnya.

Sumber: