Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Digencarkan

Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Digencarkan

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie (tengah) dan Kepala Bappelitbangda Eki Herdiana (tiga kanan) menunjukan berkas komitmen bersama tentang STBM. -Tri Budi-

"Semua kecamatan akan dibangun karena, hampir sama dengan bedah rumah dan permohonan datang dari keluarahan dan ini diharing dari RT dna RW," jelasnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Allin Hendalin Mahdaniar mengatakan, penataan STBM adalah komitmen bersama Pemkot Tangsel bagaiaman pemkot bisa mewujudkan perubahan perilaku dan terutama dalam bidang sanitasi.

 

"Dengan komitmen ini 5 pilar STBM di Tangsel hars terlaksana," ujarnya.

 

Allin menambahkan, tahun lalu pihaknya pernah mendapatkan penghargaan STBM award dengan kategori bisa menuntuskan stop buang air besar sembarangan yang merupakan pilar 1 dari STBM.

 

"Komitmen berikutnya adalah pilar 1, 2, 3, 4 dan 5 kita akan kuatkan lagi. Pilar 1 stop baung air besar sembarang, pilar 2 cuci tangan pakai sabun, pilar 3 pengolahan air minum dan makanan, pilar 4 pengolahan limbah rumah tangga dan pilar 5 pengolahan limbah cair rumah tangga," jelasnya.

 

"Kelima pilar ini yang jadi komitmen kita bisa berjalan baik di Tangsel. Ini kerja bersama dengan beberap OPD dan Dinkes terus berupaya agar perilaku sehat masyarakat ini tentang sanitasi ini bisa berubah," tutupnya. (*)

 

 

 

 

Sumber: