Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Digencarkan

Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Digencarkan

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie (tengah) dan Kepala Bappelitbangda Eki Herdiana (tiga kanan) menunjukan berkas komitmen bersama tentang STBM. -Tri Budi-

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemkot Tangsel terus memaksimalkan program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Hal tersebut dengan dilakukannya penandatanganan komitmen bersama tentang STBM di Ruang Anggrek, Balai Kota Tangsel, Jumat (18/7/2024).

 

Komitmen bersama dilakukan antara Waki Kota Tangsel Benyamin Davnie bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar dan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD).

 

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, dengan dilakukannya penandatangan komitmen bersama tentang STBM, pihaknya ingin sistem sanitasi di wilaahnya dan terutama dikelompok-kelompok masyarakat dapat memenuhi standar-standar kesehatan.

 

"Dari OPD, dinas dan ditutup oleh saya. Kita punya komitmen untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas STBM ini," ujarnya kepada wartawan, Jumat (19/7/2024).

 

Pria yang biasa disapa Pak Ben ini menambahkan, ada 6 dinas yang terlibat dalam komitmen bersama tersebut. Diluar Setda ada Bapelitbangda, BPKAD, Dinkes, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, DLH, Perkimta dan Baznas.

 

"STBM ini sudah dilakukan intervasi oleh APBD sejak beberapa tahun anggaran lalu, dan sudah 1.500 lebih sanitasi yang telah dibangun. Tahun depan akan terus diintervensi sampai semua STBM di Tangsel memenuhi standar kesehatan," tambahnya.

 

Menurutnya, pihaknya memiliki target kedepan akan membangun sekitar 1.000 STBM lagi dan akan dibangun secara komunal.

 

Sumber: