1.685 Mahasiswa Ikut Kukerta, Warek II UIN SMH Banten: Gali Pengetahuan dan Pengalaman

1.685 Mahasiswa Ikut Kukerta, Warek II UIN SMH Banten: Gali Pengetahuan dan Pengalaman

Ribuan mahasiswa mengikuti pelepasan kegiatan Kukerta Regional 2024 di di Convention Hall Lantai 1 UIN SMH Banten, Selasa (16/07/2024).-UIN SMH BANTEN FOR TANGERANG EKSPRES -

TANGERANGEKSPRES.ID - Sebanyak 1.675 mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten telah dilepas untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Regional. Ribuan mahasiswa itu diharapkan dapat menggali ilmu pengetahuan dan pengalaman untuk menata kehidupan setelah lulus dari kampus.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Rektor II UIN SMH Banten, Subhan usai pelepasan ribuan mahasiswa KKN Regional yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) di Convention Hall Lantai 1 UIN SMH Banten, Selasa (16/07/2024).

Subhan mengatakan, kegiatan Kukerta ini menjadi kegiatan salah satu wujud dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu wujud pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan Kukerta ini membuktikan bahwa kerja sama antara pihak Lembaga dan pemerintah daerah tidak hanya di atas kertas saja, keduanya memiliki kesiapan dalam hal pelaksanaan dan penerimaan. Menerima mahasiswa untuk Kukerta, menerima mahasiswa dalam membangun desa.

"Kata membangun Desa di sini mungkin kita tafsirkan bahwa, mahasiswa ikut membangun program-program pemerintah daerah untuk mewujudkan dan membangun potensi pedesaan yang lebih maju. Mulai dari potensi alam, pariwisata, keilmuan, serta gagasan yang dapat membawa peradaban yang baik," katanya.

Warek II UIN SMH Banten juga memberikan pesan kepada mahasiswa dalam melaksanakan Kukerta, bahwa Kukerta itu bukan untuk menunjukan sesuatu, melainkan menunjukan apa yang dimiliki oleh mahasiswa yakni pengetahuan.

"Tapi, kita ingin mendapatkan pembelajaran bermasyarakat. Masyarakat adalah dunia Kampus Universitas sesungguhnya, anda akan Kembali ke masyarakat. Maka dari itu, jadikanlah tempat Kukerta untuk menggali ilmu pengetahuan, mendapatkan pengalaman. kemudian berbakti dan mengabdi," terangnya.

Hunainah, Ketua LP2M UIN SMH Banten mengatakan, bahwa mahasiswa yang dilepas untuk melakukan Kukerta Regional pada tahun ini sejumlah 1.685 Mahasiswa, terbagi menjadi 653 berjenis kelamin laki-laki 1032 yang akan disebar di tiga daerah Provinsi Banten, Kota Serang, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak.

"Kabupaten yang paling banyak ini daerah Kabupaten Pandeglang, dengan total peserta 958 yang disebar kedelapan kecamatan di 69 Desa. Kemudian yang kedua, di Kabupaten Lebak berjumlah 671 di empat Kecamatan di 49 Desa. Dan yang terakhir di Kota Serang di Kecamatan Curug di empat kelurahan dengan jumlah peserta 56 orang. Adapun Peserta Kukerta itu berasal dari enam Fakultas yang ada di UIN SMH Banten," Jelasnya.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa Kukerta tahun ini dilaksanakan dalam tiga jenis Kukerta. Kukerta Regional, Kukerta Nusantara (Nasional) dan Kukerta Internasional.

"Kukerta Nusantara Moderasi Beragama (Nasional) dilaksanakan di Kuningan Jawa Barat dan Kukerta Internasional akan dilaksanakan di Thailand dan di Arab Saudi," paparnya. (*)

Sumber: