IPLM Anjlok, DPK Kota Serang Dinilai Tidak Kreatif

IPLM Anjlok, DPK Kota Serang Dinilai Tidak Kreatif

Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang Jumhadi-Een Amelia-

TANGERANGEKSPRES.ID - Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) Kota Serang anjlok, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang menilai 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Serang tidak kreatif dan inovatif dalam menarik minat masyarakat untuk berliterasi. 

 

Ketua Komisi II DPRD Kota Serang Jumhadi mengatakan, pihaknya menerima aduan dan aspirasi dari masyarakat mengenai IPLM Kota Serang yang menjadi peringkat terbawah dibandingkan tujuh kabupaten/kota lainnya di Provinsi Banten. 

 

"Dan hal ini menunjukkan bahwa sumber daya manusia (SDM) di Dinas Perpustakaan tidak kreatif dan inovatif," katanya, Senin (1/7/2024).

 

Padahal, menurutnya fasilitas yang ada pada DPK Kota Serang cukup memadai, bahkan gedung yang ada saat ini diklaim memiliki standar nasional, dengan kelengkapan serta kecanggihan moderen. 

 

"Tapi, karena SDM tidak kreatif, maka IPLM pun rendah. Harusnya bisa lebih baik dan perpustakaan bisa lebih ramai," ujarnya.

 

Sebelumnya pada tahun 2022 IPLM di Kota Serang menurut penilaian Perpusnas mencapai lebih dari 60 persen, namun dalam jangka satu tahun turun drastis di angka 46,76 persen.

 

"Jadi ini bukan turun lagi, tapi anjlok. Dari 60 sekian, turun menjadi 46,76 itu sangat drastis sekali. Kami akan dorong dan minta untuk Dinas Perpustakaan memperbaiki itu," tuturnya.

Sumber: