Kota Serang Duduki Peringkat Akhir IMPL se-Provinsi Banten

Kota Serang Duduki Peringkat Akhir IMPL se-Provinsi Banten

Pengunjung yang menggunakan fasilitas Perpustakaan Kota Serang yang berada di Ciracas, Kota Serang, Senin (1/7/2024).-Een Amelia-

TANGERANGEKSPRES.ID - Indeks Pembangunan Literasi (IPML) di Kota Serang menduduki peringkat terakhir dari delapan kabupaten dan kota se-Provinsi Banten.

 

Berdasarkan laporan hasil akhir kajian Perpustakaan Nasional atau Perpusnas tahun 2023, IPML Provinsi Banten masuk di kategori sedang dengan nilai presentase sebanyak 52,50 persen.

 

Sementara itu, untuk kabupaten dan kota dengan peringkat IPML tertinggi di Provinsi Banten yaitu Kota Cilegon dengan nilai presentase 58,16, Kota Tangerang Selatan 54,69, dan Kota Tangerang 54,25.

 

Sedangkan untuk tiga peringkat IPML terbawah berada di Kabupaten Tangerang sebesar 49,93, kemudian Kabupaten Serang 47,83, dan terakhir Kota Serang sebesar 46,76 persen.

 

Menanggapi hal ini, Anggota Komisi II DPRD Kota Serang Muhtar Effendi mengatakan, rendahnya IPML di Kota Serang terjadi akibat dua faktor, yakni adanya ketidakberpihakan anggaran dan sumber daya manusia (SDM) pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Serang. Sehingga, banyak keberadaan perpustakaan daerah tidak terekspose secara maksimal.

 

"Menurut pandangan saya memang tidak adanya keberpihakkan anggaran dan SDM yang memadai di lingkungan Dinas Perpustakaan. Makanya, literasi di Kota Serang mendapatkan nilai terendah dibandingkan kabupaten kota lainnya di Banten," tuturnya, Senin (1/7/2024).

 

Ia menjelaskan, mengenai SDM pada Dinas Perpustakaan, seharusnya bisa lebih aktif dan inovatif untuk menarik minat masyarakat mendatangi Perpustakaan Daerah Kota Serang. 

 

Sumber: