Server Pusat Down, PPDB Online Dialihkan Ke Server Lokal

Server Pusat Down, PPDB Online Dialihkan Ke Server Lokal

Sekretaris Dindikbud Kabupaten Serang Eeng Kosasih saat diwawancarai wartawan di ruang kerjanya, Selasa 25 Juni 2024.-Agung Gumelar-

 

"Masyarakat tetap tenang, karena server ini terjadi secara nasional mengalami gangguan, tapi kita sudah menyediakan alternatif lain, tunggu surat edaran yang akan kita edarkan. Kalau kami tidak menyediakan alternatif lain, dan hanya menunggu server pusat membaik, khawatir akan lama dan dapat menghambat proses pelaksanaan PPDB online," ujarnya.

 

Dikatakan Eeng, Diskominfosatik Kabupaten Serang sedang menyiapkan server yang bagus untuk PPDB online, supaya ketika pelaksanaannya dimulai tidak kembali down atau gangguan.

 

Sedangkan, untuk waktu kapan dibuka kembali PPDB online masih belum diketahui, namun pihaknya mengupayakan pada Kamis 27 Juni 2024 nanti dapat kembali dibuka.

 

"Insyaallah Kamis depan sudah mulai dibuka lagi PPDB online, makanya kita sedang berkoordinasi dengan Diskominfosatik Kabupaten Serang, untuk meminta kepastian. Jangan sampai ketika dibuka kembali, dua hari kedepan server gangguan lagi," ucapnya.

 

Kata Eeng, pihaknya telah memerintahkan kepala sekolah apabila ada calon peserta didik baru yang tidak keterima, untuk memberikan informasi ke orangtuanya bahwa masih ada sekolah terdekat yang kekurangan calon peserta didik.

 

Hal itu dilakukan, supaya calon siswa tersebut masih dapat bersekolah, meskipun tidak di sekolah yang menjadi tujuannya.

 

"Masing-masing sekolah berbeda-beda daya tampungnya, jadi wajar jika ada yang tidak keterima karena sudah penuh. Namun, kepala sekolah harus memberikan opsi sekolah terdekat lainnya yang masih kekurangan kepada orangtua calon siswa," tuturnya. (*)

Sumber: